Astronom Konfirmasi Ada Planet Ketiga di Sistem Bintang Biner Kepler-47

Kepler-47
dok.Phys
Kepler-47

SAN DIEGO, NETRALNEWS.COM - Para astronom mengkonfirmasi bahwa planet ketiga ada di sistem bintang biner Kepler-47 dan mengatakan memiliki  ukuran seperti Saturnus. Planet memiliki suhu sekitar 169 ° C (336 ° F), kata para pakar Universitas Negeri San Diego.

Dilansir dari laman Daily Mail, planet ini tidak dapat dideteksi sebelumnya karena orbitnya tidak menyebabkannya tampak melintas antara bintang inang dan Bumi. Namun, saat penyelarasan orbit planet itu perlahan-lahan bergeser, ia menjadi semakin terlihat oleh sensor di atas teleskop ruang angkasa Kepler NASA di orbit Bumi.

Dengan beberapa planet yang mengorbit di sekitar matahari, Kepler-47 adalah unik di antara sistem bintang yang telah ada selama ini. Sistem bintang terletak 3,400 tahun cahaya dari Bumi dan pertama kali diidentifikasi oleh teleskop ruang angkasa Kepler.

Pada saat ini hanya dua planet yang dijuluki Kepler 47b dan c yang ditemukan. Sekarang, para peneliti dari Universitas Negeri San Diego telah mengkonfirmasi bahwa planet ketiga, Kepler 47d, ada di orbit antara dua lainnya, pada orbit 187 hari.

Planet ini diyakini terletak di suatu tempat antara Neptunus dan Saturnus dalam ukuran, berpotensi membuatnya sekitar tujuh kali ukuran Bumi. Ini akan menjadikannya planet terbesar dalam sistem Kepler-47.

Ketiga planet dalam sistem Kepler-47 dideteksi melalui apa yang disebut 'metode transit', di mana para astronom mencari peredupan bintang yang disebabkan oleh sebuah planet yang mengorbit melintasinya dan Bumi, menghalangi cahaya. Namun, agar dapat dideteksi dengan cara ini, orbit sebuah planet harus disejajarkan sedemikian rupa sehingga planet itu tampaknya lewat di depan bintang.

Semakin banyak tepi pada orbit sehubungan dengan Bumi, semakin kuat apa yang disebut sinyal transit yang disebabkan oleh kecerahan bintang yang tampak redup.

Planet yang baru ditemukan yang oleh peneliti dijuluki Kepler-47d (bergabung 47b dan 47c) - tidak terdeteksi sebelumnya karena sinyal transit yang lemah. Namun, seperti yang bisa terjadi dengan planet-planet sirkumbiner (yang mengorbit dua bintang) penyelarasan bidang orbit perlahan-lahan berubah dari waktu ke waktu sehubungan dengan Bumi.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya