• News

  • Sains

Bioreaktor Ini Bisa Ubah Karbon Dioksida dari Napas Astronot Jadi Oksigen

Proses pengubahan karbon dioksida menjadi oksigen menggunakan ganggang
Daily Mail
Proses pengubahan karbon dioksida menjadi oksigen menggunakan ganggang

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebuah bioreaktor telah diterbangkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional atau International Space Station (ISS) untuk mengubah karbon dioksida menjadi oksigen menggunakan ganggang.

Ini adalah percobaan untuk melihat apakah konsep ini layak untuk penerbangan luar angkasa jangka panjang. Diharapkan suatu hari nanti, ini akan menjadi bagian dari sistem yang dapat menopang misi ke bulan, Mars dan seterusnya.

Perjalanan saat ini memang dibatasi oleh apa yang dapat dilakukan dengan roket, tetapi potensi untuk sistem yang lengkap akan membuka lebih banyak peluang untuk perjalanan ruang angkasa.

"Tentu saja, penggunaan sistem ini menarik terutama untuk misi planet atau untuk misi yang sangat panjang," kata Pemimpin Tim untuk Eksplorasi dan pemimpin proyek untuk eksperimen Photobioreactor, Oliver Angerer, dilansir dari laman Daily Mail, Jumat (10/5/2019).

Sebuah kapal kargo SpaceX Dragon membawa eksperimen ganggang ke ISS. Karbon dioksida yang dihembuskan oleh para astronot akan diubah menjadi oksigen dan biomassa yang dapat dimakan melalui fotosintesis dari Chlorella vulgaris.

Hingga 30 persen dari makanan yang dibutuhkan dalam sebuah misi dapat dihilangkan dan diganti dengan biomassa alga protein tinggi. Ini adalah tahap kedua dari proyek untuk penerbangan ruang angkasa berkelanjutan dan akan bekerja dalam kemitraan dengan Advanced Loop-Loop System (ACLS).

ACLS mengekstraksi metana dan air dari karbon dioksida dan photobioreactor juga akan menggunakan CO2. Saat mereka bekerja bersama-sama, mereka akan membentuk hibrida yang dikenal sebagai PBR @ ACLS, menurut pernyataan dari German Aerospace Center.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?