Exomoons jadi Kriteria Planet Besar Mampu Menyimpan Kehidupan

Exomoons jadi kriteria planet besar mampu menyimpan kehidupan.
Phys
Exomoons jadi kriteria planet besar mampu menyimpan kehidupan.

LINCOLN, NETRALNEWS.COM - Dr Phil Sutton dari University of Lincoln mengatakan bahwa planet-planet besar, beberapa bahkan lebih besar dari Saturnus dan Yupiter, memiliki 'exomoons' yang mampu menyimpan kehidupan.

Menurut dia, planet-planet yang mereka orbit mungkin berada di luar zona Goldilocks, tetapi gravitasi dari planet-planet besar dapat menghangatkan inti bulan dan mendukung air cair, diyakini sangat penting bagi kehidupan untuk terbentuk.

Dr Sutton mengatakan sangat sulit untuk menemukan apa yang disebut exomoons karena metode saat ini tidak cukup sensitif untuk menemukannya.

"Secara pribadi saya pikir eksomoni adalah sumber kehidupan yang memungkinkan. Zona layak huni harus memiliki jarak tertentu dari bintang dengan energi yang cukup agar cairan dapat bertahan dan tidak membeku atau mendidih," kata Sutton, dilansir dari laman Daily Mail, Senin (10/6/2019).

Kata dia, bumi berada di tengah-tengah zona layak huni dan kita mencari planet yang berada di tengah zona yang sangat sempit ini. Di sisi lain, Jupiter dan Saturnus sangat dingin tetapi ukurannya yang besar memungkinkan mereka memiliki bulan-bulan besar.

"Pada beberapa bulan ada air di bawah permukaan beku karena gravitasi dari planet yang disengaja memanaskannya. Ini berarti semua planet besar yang kami temukan yang terlalu dingin dapat memiliki bulan karena gravitasi dan kehangatan berikutnya," jelas dia.

Penelitian Dr Sutton berfokus pada planet yang jauh yang disebut J1407b yang dikenal sebagai 'super-Saturnus' dan memiliki cincin 200 kali ukuran planet di tata surya kita sendiri.

Cincin pertama kali terlihat pada 2012 oleh Leiden Observatory di Belanda, dan University of Rochester di New York dan terletak 420 tahun cahaya dari Bumi.

Penelitiannya, yang diterbitkan dalam jurnal Monthly Notices dari Royal Astronomical Society, menggunakan model komputer untuk mencoba dan menjelaskan kesenjangan yang tidak diketahui pada cincin.

"Salah satu skenario yang mungkin menyebabkan kesenjangan ini adalah bahwa bulan di dalam dan luar memengaruhi mereka dan gravitasi menyebabkan kesenjangan," kata dia