• News

  • Sains

NASA Siapkan Misi Jelajahi Asteroid Metalik Misterius Raksasa Planet Mati

Ilustrasi NASA
BGR
Ilustrasi NASA

ARIZONA, NETRALNEWS.COM - NASA menyiapkan misi untuk menjelajahi asteroid dari sebuah planet mati pada 2022. NASA sedang bersiap untuk sebuah misi yang diharapkan akan menjelaskan asteroid yang diduga sebagai sisa-sisa inti dari planet yang hancur.

Menurut agen NASA, misi tersebut, yang bertujuan untuk mengeksplorasi asteroid 16 Psyche, memasuki tahap desain dan fabrikasi terakhir dengan tujuan diluncurkan pada 2022.

"Dengan transisi ke fase misi baru ini, kita selangkah lebih dekat untuk mengungkap rahasia Psyche, asteroid metalik misterius raksasa, dan itu berarti dunia bagi kita," kata Kepala Investigator Lindy Elkins-Tanton dari Arizona State University, dilansir dari laman Daily Mail, Kamis (13/6/2019).

Asteroid 16 Psyche, yang awalnya ditemukan pada 1852, mengorbit matahari antara Mars dan Jupiter dan diyakini sebagai sisa-sisa protoplanet yang dihancurkan oleh tabrakan ketika tata surya terbentuk.

Tidak seperti benda berbatu atau es lainnya, Psyche 16, yang membentang sejauh 150 mil, diduga sebagian besar terbuat dari besi dan nikel, bahan yang sama ditemukan di inti Bumi sendiri.

Dengan meneliti planet ini, para ilmuwan berharap dapat melihat sekilas masa lalu tata surya yang baru lahir, ketika tabrakan besar-besaran, seperti yang menurut para ilmuwan menciptakan Bumi dan adalah hal biasa.

Menggunakan sejumlah instrumen seperti sinar gamma dan spektrometer neutron, pesawat itu juga akan mengambil pembacaan yang lebih tepat tentang komposisi planet dan medan elektromagnetiknya. Tujuannya adalah untuk menentukan berapa usia asteroid itu dan apakah dia dibentuk dengan cara yang sama dengan Bumi.

Selain dari tujuan utama menyelidiki 16 Psyche, inisiatif ini juga akan menguji jenis baru sistem komunikasi yang menggunakan laser untuk mengkodekan data dalam foton daripada gelombang radio.

Sistem ini akan memungkinkan komunikasi antara probe di angkasa luar dan Bumi dan mampu mentransfer lebih banyak data sekaligus daripada metode lain yang lebih tradisional. Sementara benda-benda serupa telah diamati di seluruh alam semesta, Psyche tidak seperti biasanya dekat dengan Bumi, menjadikannya ideal untuk dipelajari.

Pada bulan April, para ilmuwan mengidentifikasi satu dari dua fragmen planet yang diketahui mengelilingi sebuah katai putih. Benda angkasa kecil, yang ditemukan oleh para peneliti di Universitas Warwick, dianggap sebagai inti yang tersisa dari sebuah planet yang dilenyapkan oleh kematian bintangnya, bintang katai putih.

Sebaliknya, para ilmuwan mengatakan asteroid bisa menawarkan sekilas tentang apa yang akan terjadi setelah matahari kita mencapai akhir siklus hidupnya, hingga enam miliar tahun dari sekarang.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?