• News

  • Sains

Kenali 16 Psyche, Asteroid Metalik Misterius Raksasa 

Asteroid 16 Psyche.
ABC News
Asteroid 16 Psyche.

ARIZONA, NETRALNEWS.COM - Sebuah asteroid metalik misterius berukuran raksasa dikenal sebagai 16 Psyche. Asteroid ini terletak di sabuk asteroid besar antara Mars dan Jupiter

Diyakini 16 Psyche mungkin telah dimulai sebagai planet, sebelum akhirnya hancur selama pembentukan tata surya.  Sekarang, 16 Psyche adalah potongan logam seluas 200km, yang terbuat dari besi, nikel, dan sejumlah logam langka lainnya, termasuk emas, platinum, dan tembaga. 

Asteroid itu lantas menawarkan tampilan unik ke dalam tabrakan keras yang menciptakan Bumi dan planet terestrial. Tim misi berusaha untuk menentukan apakah Psyche adalah inti dari planet awal, berapa umurnya, apakah itu terbentuk dengan cara yang mirip dengan inti Bumi, dan seperti apa permukaannya.

Payload instrumen pesawat ruang angkasa akan mencakup magnetometer, pencitraan multispektral, dan sinar gamma dan spektrometer neutron. 

Asteroid 16 Psyche adalah salah satu objek paling misterius di tata surya, dan para ilmuwan bisa segera mendapatkan pandangan mengenai 16 Psyche berkat misi NASA yang baru dikonfirmasi. 

Jika asteroid dapat diangkut kembali ke Bumi, besinya saja bernilai $ 10.000 kuadriliun. Nilainya akan cukup besar untuk menghancurkan harga komoditas dan berdampak pada ekonomi dunia.

"Ini dapat menyebabkan nilai logam mulia anjlok, benar-benar mendevaluasi semua kepemilikan termasuk milik pemerintah, dan semua perusahaan yang terlibat dalam penambangan, distribusi dan perdagangan komoditas tersebut," kata Kepala Investigator Lindy Elkins-Tanton dari Arizona State University, dilansir dari laman Daily Mail, Kamis (13/6/2019).

NASA menyiapkan misi untuk menjelajahi asteroid dari sebuah planet mati pada 2022. NASA sedang bersiap untuk sebuah misi yang diharapkan akan menjelaskan asteroid yang diduga sebagai sisa-sisa inti dari planet yang hancur.

Menurut agen NASA, misi tersebut, yang bertujuan untuk mengeksplorasi asteroid 16 Psyche, memasuki tahap desain dan fabrikasi terakhir dengan tujuan diluncurkan pada 2022.

"Dengan transisi ke fase misi baru ini, kita selangkah lebih dekat untuk mengungkap rahasia Psyche, asteroid metalik misterius raksasa, dan itu berarti dunia bagi kita," kata Lindy.

Asteroid 16 Psyche, yang awalnya ditemukan pada 1852, mengorbit matahari antara Mars dan Jupiter dan diyakini sebagai sisa-sisa protoplanet yang dihancurkan oleh tabrakan ketika tata surya terbentuk. Tidak seperti benda berbatu atau es lainnya, Psyche 16, yang membentang sejauh 150 mil, diduga sebagian besar terbuat dari besi dan nikel, bahan yang sama ditemukan di inti Bumi sendiri. 

Dengan meneliti planet ini, para ilmuwan berharap dapat melihat sekilas masa lalu tata surya yang baru lahir, ketika tabrakan besar-besaran, seperti yang menurut para ilmuwan menciptakan Bumi dan adalah hal biasa. 

 

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian

Apa Reaksi Anda?