• News

  • Sains

India Akan Buat Stasiun Ruang Angkasa

Ilustrasi Indian Space Research Organization (ISRO)
dok.timesofindia
Ilustrasi Indian Space Research Organization (ISRO)

BENGALURU, NETRALNEWS.COM -  Ketua Indian Space Research Organization (ISRO) K Sivan sampaikan pengumuman tentang India yang akan dirikan stasiun ruang angkasa sendiri. Proyek ini juga diklaim sudah mendapat izin.

Space Docking Experiment, atau SPADEX, sebagaimana ISRO menyebutnya, telah terlihat berfungsi pada beberapa sistem seperti peralatan analisis sinyal, videometer presisi tinggi untuk navigasi, sistem elektronik docking dan pengambilan keputusan untuk sistem pendaratan yang dilakukan dalam berbagai tahap.

"Sebagai bagian dari SPADEX, kami akan mengembangkan dan mendemonstrasikan teknologi yang diperlukan untuk docking dua pesawat ruang angkasa (Chase dan Target) dan untuk mengendalikan satu pesawat ruang angkasa kata Sivan, dikutip dari laman Times of India, Minggu (16/6/2019).

Dia menjelaskan, teknologi ini akan menjadi cikal bakal misi planet masa depan termasuk transfer kru dan partisipasi internasional. ISRO juga telah menyelesaikan beberapa simulasi darat dan pekerjaan meluncurkan dua pesawat ruang angkasa kecil untuk menguji proyeknya ini.

Ada beberapa tantangan yang harus diatasi ISRO sebelum mengirimkan astronot ke luar angkasa. ISRO dinilai harus dilengkapi dengan kemampuan di mana kedua pesawat ruang angkasa akan bertemu satu sama lain dan tetap berada di orbit yang sama.

Ada juga tantangan mengelola kecepatan ketika pesawat berdekatan satu sama lain, tidak menabrak atau bertabrakan satu sama lain.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?