Racun Kalajengking Bisa Sembuhkan TBC, Penelitian Ilmuwan

ilustrasi sengat racun kalajengking.
ourstory.id
ilustrasi sengat racun kalajengking.

STANDFORD, NETRALNEWS.COM - Ilmuwan melakukan penelitian bahwa kalajengking bisa melawan infeksi manusia termasuk TBC. Hasil ini diungkapkan setelah penelitian pada tikus dan menemukan beberapa kandungan yang dapat membunuh bakteri tanpa efek beracun.

Racun itu mengandung dua bahan kimia yang ditemukan para ilmuwan memiliki kemampuan antibakteri dan mampu membunuh jenis yang bertanggung jawab atas penyakit seperti TBC. Diambil dari kalajengking Diplocentrus Melici, yang ditemukan di Meksiko, racun itu menjanjikan karena berhasil melawan bakteri tanpa merusak jaringan sehat pada tikus.

Tetapi karena sangat sulit mengekstrak serangga yang spesifik dan mematikan seperti itu, para ilmuwan mengatakan akan membutuhkan biaya besar untuk menghasilkan obat tersebut.

"Senyawa ini mungkin bukan komponen racun dari kalajengking. Kami tidak tahu mengapa kalajengking membuat senyawa ini. Ada lebih banyak misteri," kata Profesor Richard Zare, dari Stanford University, dilansir dari laman Daily Mail, Senin (17/6/2019).

Profesor Zare bekerja dengan Profesor Lourival Possani, dari Universitas Otonomi Nasional Meksiko, yang telah berfokus pada identifikasi senyawa dengan potensi obat dalam racun kalajengking selama 45 tahun. Murid-murid mereka lantas menangkap beberapa spesimen D Melici di Meksiko.

Para peneliti menemukan dua senyawa kimia utama yang disebut benzoquinon. Kedua senyawa memiliki struktur molekul yang sama dan satu mengandung oxygen dan sulfur lainnya.

"Kami hanya memiliki 0,5 mikroliter racun yang bisa digunakan. Ini sepuluh kali lebih sedikit dari jumlah darah yang akan dihisap nyamuk dalam satu porsi," kata Profesor Zare.

Senyawa benzoquinon dikirim ke Dr Rogelio Hernández-Pando di Institut Ilmu Kesehatan dan Nutrisi Nasional Salvador Zubirán, di Mexico City, untuk pengujian lebih lanjut. Tim di sana menemukan bahwa 1,4-benzoquinone merah, salah satu bahan kimia, secara efektif menghancurkan Staphylococcus Aureus, yang umumnya menyebabkan infeksi kulit.

Sementara itu, biru 1,4-benzoquinon, mematikan bakteri penyebab tuberkulosis, baik yang normal maupun yang resisten terhadap obat. Tuberkulosis adalah salah satu penyebab utama kematian di dunia, menurut Organisasi Kesehatan Dunia, menginfeksi 10 juta orang dan membunuh 1,6 juta pada tahun 2017.

"Kami menemukan bahwa senyawa ini membunuh bakteri, tetapi kemudian pertanyaannya menjadi, Apakah itu akan membunuh Anda juga?, Dan jawabannya tidak," tegas dia.

Meskipun tim dapat bekerja bagaimana menghasilkan obat dalam jumlah besar, ada batasan berapa banyak yang dapat dipanen dari hewan. "Jumlah komponen racun yang bisa kita dapatkan dari hewan sangat rendah," kata dia.

Editor : Irawan.H.P