• News

  • Sains

NASA Tawarkan Liburan Antarplanet, Anda Mau Rasakan Mars di Bumi?

Rumah cetak 3D futuristik yang memungkinkan para tamu 'mengalami Mars di Bumi'
dok.dailymail
Rumah cetak 3D futuristik yang memungkinkan para tamu 'mengalami Mars di Bumi'

NEW YORK, NETRALNEWS.COM - Ingin merasakan Mars di Bumi? Rumah yang didanai NASA akan segera menawarkan pengalaman liburan liburan antarplanet di masa depan.

Rumah cetak 3D futuristik yang memungkinkan para tamu 'mengalami Mars di Bumi' akan segera menawarkan Anda kesempatan untuk mengalami seperti apa liburan antarplanet di masa depan, kata penciptanya.

Terletak di hutan bagian utara New York di sepanjang Sungai Hudson, Tera membuat pengunjungnya akan mengalami seperti apa kehidupan berkelanjutan di Mars.

'Tera' adalah gagasan dari AI SpaceFactory, sebuah agen desain Kota New York yang dianugerahi $ 500.000 awal tahun ini karena memenangkan Tantangan Habitat Cetak-3D NASA dari NASA.

Tera dibangun dari teknologi cetak 3D yang sama dan bahan kompos untuk kehidupan jangka panjang yang berkelanjutan di Mars. Seperti pendahulunya, Martianhabitat Marhsa pemenang penghargaan NASA, Tera dibangun dari komposit basalt biopolimer 3D-cetak, bahan yang dikembangkan dari tanaman seperti jagung dan tebu.

Itu diuji dan divalidasi oleh NASA sebagai minimal 50 persen lebih kuat dan lebih tahan lama daripada beton.

"Bahan ini memiliki potensi untuk menjadi lompatan dan batas yang lebih berkelanjutan daripada beton dan baja tradisional, yang mengarah ke masa depan di mana kita dapat menghilangkan limbah industri besar bahan yang tidak dapat didaur ulang. 'Itu bisa mengubah cara kita membangun bangunan di Bumi dan menyelamatkan planet kita," tulis tim, dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (25/6/2019).

Desain Marhsa AI SpaceFactory meraih hadiah utama dalam tantangan NASA untuk membangun prototipe tempat tinggal Mars pertama pada bulan Mei lalu. Silinder mirip polong besar yang terbuat dari bahan alami yang dapat terurai secara alami dan ditemukan di Planet Merah.

Struktur inovatif ini dapat melindungi para astronot dari angin kencang dan radiasi matahari dan dilengkapi dengan laboratorium, asrama, dan area kebugaran di lokasi.

Tim menggunakan apa yang mereka sebut 'polimer Mars' yang menurut perusahaan dapat dibuat dari bahan yang ditemukan atau tumbuh di Mars. Polimer digunakan sebagai pengganti beton dan telah diuji oleh perusahaan sebagai bentuk inovatif dari bahan bangunan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya

Apa Reaksi Anda?