• News

  • Sains

Ini Berbagai Proyek Baru yang Akan Dilakukan NASA

Ilustrasi NASA
dok.Istimewa
Ilustrasi NASA

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - NASA ingin membawa manusia ke Bulan pada 2024 di bawah program yang disebut Artemis. Selain mendaratkan manusia di permukaan bulan, NASA ingin menempatkan stasiun ruang angkasa Gateway di orbit di sekitar bulan sebagai eksperimen ruang angkasa.

Untuk mencapai semua ini, NASA masih perlu memahami lebih banyak tentang permukaan bulan seperti terbuat dari apa, seperti apa lingkungannya, dan bagaimana mengoperasikan segala sesuatu mulai dari komunikasi hingga produksi energi, penopang kehidupan hingga manufaktur.

Memperoleh pengetahuan itu adalah tujuan dari program NASA Lunar Payload Services (CLPS). Di bawah CLPS, NASA menginginkan perusahaan luar angkasa swasta untuk menerbangkan muatan pribadi dan yang disetujui NASA ke Bulan untuk mempelajarinya dan menguji teknologi baru.

NASA telah menyetujui beberapa perusahaan untuk terbang dan mendarat di permukaan bulan. Sekarang, NASA telah mengumumkan berbagai hal yang ingin mereka lihat di Bulan dalam waktu dekat, termasuk lima demonstrasi teknologi dan tujuh proyek sains.

Dilansir dari laman Astronomy News, Rabu (10/7/2019), proyek NASA mencakup berbagai topik. Ada proyek mebeliti partikel muatan dan radiasi pada permukaan bulan, untuk lebih memahami lingkungan bulan. Ada juga demonstrasi teknologi yang lebih bertarget yang menguji sistem komputer yang tahan radiasi untuk lebih memahami bagaimana elektronik akan berfungsi di permukaan Bulan, tanpa perlindungan oleh atmosfer atau medan magnet.

Eksperimen lain akan menguji bajak kecil bernama MoonRanger yang dapat mendorong dirinya sendiri di luar jangkauan komunikasi pendarat dan memperluas jangkauan medan yang mungkin dapat dijelajahi oleh penjelajah masa depan.

Eksperimen lain, yang disebut Heimdall, akan menguji sistem kamera baru yang terbuat dari empat instrumen terpisah yang dibangun untuk mempelajari permukaan bulan baik secara dekat maupun jarak jauh. Ini dilakukan untuk memetakan fitur geologis atau bahaya potensial bagi pendarat atau penjelajah. Eksperimen sains lainnya akan mempelajari interior Bulan.

NASA belum mengumumkan tanggal peluncuran untuk proyek-proyek ini, tetapi mereka berharap untuk memulai batch pertama proyek CLPS pada akhir tahun ini. Perusahaan yang akan mengambil eksperimen terbaru ini ke Bulan belum diumumkan juga.

Perusahaan Spaceflight, Astrobiotic, Intuitive Machines, dan Orbit Beyond sudah diumumkan akan menerbangkan eksperimen CLPS ke permukaan bulan.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya