• News

  • Sains

Teleskop Raksasa di Tiongkok Deteksi Lebih dari 100 Sinyal Radio Misterius

Teleskop terbesar di Tiongkok.
Daily Mail
Teleskop terbesar di Tiongkok.

BEIJING, NETRALNEWS.COM - Teleskop terbesar di Tiongkok telah mendeteksi lebih dari 100 radio misterius yang berasal dari sekitar tiga miliar tahun cahaya dari Bumi. Sinyal-sinyal aneh itu disebut semburan radio cepat yang berasal dari sumber energi tinggi yang tidak diketahui, dan muncul di angkasa.

Para peneliti di observatorium luar angkasa terus memantau sinyal, dengan harapan analisis lebih lanjut akan menunjukkan bagaimana sinyal radio ini dihasilkan.

Sinyal yang belum dapat dijelaskan tersebut terdeteksi oleh Aperture Spherical Radio Telescope yang juga dikenal sebagai FAST. Sinyal saat ini sedang diperiksa dan dianalisis para peneliti Chinese Academy of Sciences. 

Teleskop itu mempelajari sumber ledakan radio cepat yang dikenal sebagai FRB121102, yang pertama kali terlihat di langit oleh Observatorium Arecibo, di Puerto Rico, pada 2015. Para astronom di FAST telah mendeteksi lebih dari 100 semburan yang berasal dari FRB121102 sejak akhir Agustus. Itu merupakan jumlah pulsa terbesar yang pernah terdeteksi hingga saat ini.

Dilansir dari laman Daily Mail, Selasa (10/9/2019), semburan radio cepat adalah gelombang kecil gelombang radio yang berlangsung kurang dari beberapa milidetik dan merupakan fenomena radio paling terang yang dikenal. Dipercayai bahwa semburan dihasilkan oleh proses energi tinggi yang saat ini tidak dikenal di luar angkasa. 

Ledakan radio cepat pertama diidentifikasi pada 2007, berdasarkan data yang dikumpulkan oleh antena radio Parkes di New South Wales, Australia pada tahun 2001.

Para astronom berharap bahwa mempelajari semburan berulang yang terdeteksi oleh FAST dapat membantu menentukan dengan tepat dari mana datangnya ledakan radio cepat dan bagaimana mereka dihasilkan.

Terletak di Provinsi Guizhou di Tiongkok barat daya, dekat Desa Jinke, observatorium FAST selesai pada September 2016 dan akan memulai operasi rutin bulan ini.

FAST adalah observatorium radio terbesar dan paling sensitif yang pernah dibangun. Kekuatan pengamatan teleskop yang cukup besar akan digunakan oleh para astronom dari berbagai negara untuk mempelajari fenomena seperti exoplanet, gelombang gravitasi, dan sinar kosmik berenergi sangat tinggi. Namun, penambahan sistem sekunder yang sangat sensitif ke teleskop raksasa telah memungkinkannya untuk mendeteksi ledakan radio cepat dengan efisiensi tinggi dan secara real time pada saat yang sama dengan melakukan tugas pengamatan.

Diharapkan bahwa FAST akan memungkinkan peneliti untuk menentukan asal-usul sinyal misterius ini dengan akurasi yang jauh lebih besar.

Para peneliti di FAST akan terus memantau dari FRB121102 untuk mengumpulkan sebanyak mungkin informasi tentang sumber sinyal ini.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Widita Fembrian