NASA: Manusia Tidak Akan Siap Menerima Kehidupan di Planet Mars

NASA: Manusia tidak akan siap menerima kehidupan di Planet Mars.
NASA
NASA: Manusia tidak akan siap menerima kehidupan di Planet Mars.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Juli mendatang Mars 2020 Rover akan memulai perjalanan enam bulan ke Mars dan memulai misinya menyelidiki susunan kimiawi permukaan planet.

Misi rover Mars 2020 adalah sebuah konsep misi rover planet Mars yang diteliti oleh NASA.

Misi ini dimaksudkan untuk menyelidiki lingkungan kuno astrobiologically relevan di Mars, menyelidiki prosesnya permukaan geologi dan sejarah, termasuk penilaian habitability masa lalu dan potensi pelestarian biosignatures dalam bahan geologi.

Para peneliti berharap temuan ini akan membantu menjawab pertanyaan apakah pernah ada kehidupan di Mars. Dalam sebuah wawancara dengan Kepala Ilmuwan NASA Jim Green mengatakan akan "revolusioner" jika Rover menemukan bukti kehidupan di Mars, tetapi mempertanyakan apakah manusia akan mampu menangani hasil berita tersebut.

"Itu akan memulai garis pemikiran yang sama sekali baru. Saya tidak berpikir kita siap untuk hasilnya. Tidak," kata dia, dilansir dari laman Daily Mail, Rabu (2/10/2019).

Pada tahun 1953, CIA merekomendasikan pembentukan Panel Robertson, setelah penyelidikan berbagai kasus UFO yang membuatnya khawatir fokus publik pada kehidupan alien dapat mengarah pada 'perilaku massa histeris.'

Inisiatif Antarplanet di Arizona State University(ASU) telah mempersiapkan saat ketika manusia pertama kali bertemu kehidupan, bagian dari misi besar advokasi untuk membuat ruang layak huni bagi manusia.

Tahun lalu, Michael E W Varnum dari ASU, termasuk di antara sekelompok peneliti yang menerbitkan sebuah penelitian yang meneliti bagaimana manusia sebenarnya bereaksi terhadap berita kehidupan di planet lain.

Para peneliti mengumpulkan 501 esai singkat yang mengungkapkan perasaan pribadi penulis tentang mengetahui ada bukti kehidupan ekstra-terestrial. Mengikuti analisis linguistik yang dekat dari sampel, Varnum et al menemukan bahwa orang sebenarnya jauh lebih optimis tentang berita daripada takut.

Akan ada banyak waktu untuk memikirkan pertanyaan ini karena Mars 2020 Rover tidak akan mendarat di planet merah hingga 31 Januari 2021.

Editor : Sulha Handayani