Planet Raksasa Ditemukan

Ilustrasi Planet
Money
Ilustrasi Planet

LONDON, NETRALNEWS.COM - Para ahli astronomi telah menemukan planet raksasa yang menurut mereka seharusnya tidak ada jika berdasarkan berbagai teori yang ada. Ukuran planet  mirip Jupiter tersebut dipandang aneh karena lebih besar dari  bintangnya, sehingga bertentangan dengan teori terkait dengan proses pembentukan planet.

Bintang yang berjarak 284 triliun kilometer tersebut adalah bintang kerdil merah jenis-M – sesuatu yang sangat umum di galaksi kita. Tim astronom internasional telah melaporkan temuan ini pada jurnal Science.

"Sangat menarik karena sejak lama kami berpikir apakah planet raksasa seperti Jupiter dan Saturnus dapat terbentuk di sekitar bintang kecil seperti itu," kata Profesor Peter Wheatley dari University of Warwick, Inggris, Minggu (6/10/2019).

"Saya pikir kesan umumnya adalah planet-planet ini tidak ada, tetapi kita tidak bisa yakin karena bintang-bintang kecil sangatlah lemah, sehingga sulit untuk dikaji, meskipun mereka sebenarnya jauh lebih umum dibandingkan bintang seperti Matahari," katanya kepada BBC.

Para peneliti menggunakan teleskop di Spanyol dan AS untuk mengikuti peningkatan gravitasi bintang yang kemungkinan menyebabkan planet-planet mengorbitnya.

Bintang kerdil merah memiliki massa yang lebih besar dari pada planet yang mengorbitnya - dinamakan GJ 3512b. Tetapi perbedaan ukurannya jauh lebih kecil dari pada, misalnya, Matahari dengan Jupiter.

Bintang yang jauh letaknya itu memiliki massa 270 kali lebih besar dari pada planet. Sementara Matahari adalah 1.050 kali lebih padat dari pada Jupiter.

Temuan ini mempertanyakan pemikiran umum pembentukan planet yang dikenal dengan nama pertumbuhan inti ataucore accretion.

Editor : Sesmawati