Astronom Temukan 20 Bulan Baru yang Mengorbit di Saturnus

Ilustrasi satelit planet Saturnus.
absolute-knowledge.com
Ilustrasi satelit planet Saturnus.

HAWAII, NETRALNEWS.COM - Para astronom telah menemukan 20 bulan baru yang mengorbit Saturnus, sehingga totalnya mencapai 82 bulan. Jumlah bulan yang mengorbit Saturnus itu melampaui jumlah bulan yang mengorbit Jupiter.

Jupiter diketahui menjadi "juara" dengan memiliki bulan yang mengorbitnya. Jumlah bulan Jupiter diketahui sebanyak 79 bulan.

Salah satu bulan baru memiliki orbit terjauh di sekitar Saturnus, dan semuanya berukuran sama, dengan diameter sekitar 5 kilometer. Dua bulan diketahui membutuhkan waktu sekitar dua tahun untuk mengorbit, sedangkan 18 lainnya membutuhkan waktu lebih dari tiga tahun untuk melakukannya.

Dilansir dari laman Astronomy News, Selasa (8/10/2019), bulan Saturnus alami kemunduran waktu mengorbit dibandingkan dengan satelit alami lainnya di planet ini. Bulan retrograde memiliki orbit yang menyerupai beberapa bulan Saturnus lainnya yang sudah dikenal.

Melihat kecenderungan bulan, para astronom menduga bulan-bulan ini bisa menjadi bagian dari bulan yang jauh lebih besar yang sudah ada jauh di masa lalu. Bulan-bulan itu ditemukan oleh sebuah tim yang dipimpin oleh Scott S Sheppard di Carnegie Institution for Science dan menggunakan Subaru Telescope di Mauna Kea Hawaii.

Mempelajari bulan-bulan kecil ini dan interaksinya dengan planet-planet besar tata surya kita, para astronom dapat menjawab pertanyaan tentang bagaimana dunia ini terbentuk dan bagaimana mereka berevolusi.

Editor : Irawan.H.P