• News

  • Seni

Lintas Media 2019, Prakarsa Merespon Perkembangan Kesenian di Era Teknologi Informasi

 Kepala Subdirektorat Seni Media Direktorat Kesenian Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Tubagus Andre.
NNC/Martina Rosa
Kepala Subdirektorat Seni Media Direktorat Kesenian Dirjen Kebudayaan Kemendikbud, Tubagus Andre.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Kepala Subdirektorat Seni Media, Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Tubagus Andre mengatakan, Lintas Media 2019 bertajuk sirkular menjadi prakarsa merespon perkembangan kesenian di era teknologi informasi.

Lintas Media 2019 ini merupakan program Komite Teater Dewan Kesenian Jakarta (DKJ) yang bekerja sama dengan Kemendikbud. Rangkaian acara yang berisi pameran dan pertunjukan ini diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki (TIM) pada 11 Juni 2019-15 Juni 2019.

"Ini (Lintas Media 2019), salah satu prakarsa yang merespon dari perkembangan kesenian pada umumnya, khusunya di era teknologi informasi dan di era digital," kata Tubagus saat konferensi pers di TIM, Selasa petang (11/6/2019).

Tubagus katakan, pemerintah sebagai regulator telah membentuk divisi seni media. Dalam perkembangannya, banyak hal yang sudah dilakukan tertutama bagaiamana aktualisasikan dan sosialisasikan cakupan dan ruang lingkup seni media dengan pendekatan teknologi.

Di dalam produk kesenian, dilakukan atau digarap pula lewat multidisiplin, praktik-praktik kesenian, dunia teater, musik, seni rupa dan lain-lain.

Didalam pengetahuan pun, diimplementasikan dalam proses akademis. Misalnya di Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, yang telah membentuk Fakultas Seni Media Rekam, didalamnya ada Program Studi Fotografi dan Film. Sedangkan di Institut Kesenian Jakarta (IKJ) ada Cinematography dengan praktik seni lintas media. 

"Di Institut Teknologi Bandung (ITB) juga ada Prodi Intermedia dan di Padang Panjang, bentuk Prodi Film dan Televisi," kata dia.

Diklaim Tibagus, dilaksanakan juga berbagai workshop dan puncak perhelatan pekan seni media digelar tiap tahunnya. Misalnya tahun lalu di Pekan Baru dan Palu, sedangkan tahun ini di Samarinda dengan membuka jejaring open call.

Untuk diketahui, Lintas Media 2019 akan menghadirkan Abi ML, Andi Suspandri, dan Damar Rizal Marzuki. Ketiganya berasal dari seni teater. Selain itu, ada Anggun Priambodo, Gelar Agryano Soemantri dan Natasha Abigail dari seni instalasi video. Kurator Ugeng T Moetjdjo dan Asisten Kurator Asep Martin.

Ada pula Budi Klontonk (seni rupa), Dadang Badoet (instalasi seni rupa), Dzikra Afifah (instalasi patung), lndraswara DP & Guntoro Sulung (instalasi objek), Maya Azeezah (film), (instalasi video), dan Tewel Seketi (instalasi fotografi). Selain itu, akan ada pula diskusi “Walter Benjamin” dengan Bertho Tukan sebagai nara sumber.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Irawan.H.P