• News

  • Singkap Sejarah

Sejarah Penuh Misteri Kota Bogor

Kota wisata Bogor
nicolashadi.wordpress
Kota wisata Bogor

BOGOR, JAWA BARAT,  NETRALNEWS.COM - Bogor ditilik dari sejarahnya adalah tempat berdirinya Kerajaan Hindu Tarumanagara di abad ke lima. Beberapa kerajaan lainnya lalu memilih untuk bermukim di tempat yang sama dikarenakan daerah pegunungannya yang secara alamiah membuat lokasi ini mudah untuk bertahan terhadap ancaman serangan.

Selain itu, kota Bogor juga berdiri di tanah yang subur, sehingga cocok digunakan sebagai tempat kehidupan manusia. Apalagi, aksesnya ke berbagai daerah ketika itu mudah diperoleh dan mudah  menjadi sentra perdagangan.

Namun hingga kini, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh beberapa arkeolog ternama seperti Prof. Uka Tjandrasasmita, keberadaan tempat dan situs penting yang menyatakan eksistensi kerajaan tersebut, hingga kini masih belum ditemukan bukti autentiknya.

Jadi, posisi kota Bogor dalam sejarahnya, entah di mana persisnya belum terungkap sampai sekarang. Bahkan, rahasia keberadaan kota-kota di Jawa Barat umumnya selalu tersimpan dalam kelambu misteri.

Di antara prasasti-prasasti yang ditemukan di Bogor tentang kerajaan-kerajaan yang silam, salah satu prasasti tahun 1533, menceritakan kekuasaan Raja Prabu Surawisesa dari Kerajaan Sunda. Prasasti ini dipercayai memiliki kekuatan gaib dan keramat, sehingga dilestarikan sampai sekarang.

 Kerajaan Pajajaran memiliki pengaruh kekuasaan tidak hanya seluas Jawa Barat, Jakarta dan Banten tetapi juga mencakup wilayah Lampung. Kerajaan Sunda yang beribukota di Pajajaran juga mencakup wilayah bagian selatan pulau Sumatera. Setelah Pajajaran diruntuhkan oleh Kesultanan Banten,  maka kekuasaan atas wilayah selatan Sumatera dilanjutkan oleh Kesultanan Banten.

Pakuan atau Pajajaran yang merupakan ibu kota pemerintahan Kerajaan Sunda (yang sering disebut juga sebagai Kerajaan Pajajaran sesuai nama ibukotanya) diyakini terletak di Kota Bogor, dan menjadi pusat pemerintahan Prabu Siliwangi (Sri Baduga Maharaja Ratu Haji I Pakuan Pajajaran) yang dinobatkan pada 3 Juni 1482.

Hari penobatannya ini diresmikan sebagai hari jadi Bogor pada tahun 1973  oleh DPRD Kabupaten dan Kota Bogor, dan diperingati setiap tahunnya hingga saat ini.

Jadi, salah satu kerajaan lain yang ikut berada di wilayah Bogor tersebut adalah Kerajaan Sunda dengan ibu kota pemerintahan Pakuan atau Padjajaran. Saat itu kerajaan Sunda tersebut dipimpin oleh Prabu Siliwangi atau yang disebut juga sebagai Sri Baduga Maharaja diresmikan penobatannya pada tanggal 3 juni dan tanggal tersebut hingga kini dijadikan sebagai hari lahir kota Bogor.

Hal ini dibuktikan dengan banyak ditemukannya prasasti- prasasti yang konon memiliki kekuatan ghaib sehingga dilestarikan sebagai wujud dan bukti sejarah.

Selain dikenal dengan sejarah kerajaannya, kota Bogor juga dikenal dengan sejarah colonial Belanda atau pada jaman penjajahan Belanda.

Saat itu Bogor direncanakan untuk dibuat sebagai tempat perisitirahatan para Jendral Belanda yaitu Gubernur Jendral Gustaaf Willem Baron Van Imhoff dengan membangun Istana Bogor serta dibangun pula Jalan Raya Deandless yang menghubungkan Batavia (Jakarta) dengan kota Bogor.

Selain itu saat Belanda menduduki wilayah Bogor, mereka mulai menyatukan daerah- daerah yang ada di Bogor dan juga menamai Puncak sebagai Biitenzorg yang berarti aman atau tentram.

Tak sampai di situ, setelah pasukan Belanda menyerah dan meninggalkan Bogor. Mulainya Inggris datang dan menguasai Bogor di bawah pimpinan Gubernur Jendral Raffles yang merenovasi halaman Istana Bogor menjadi Kebun Raya.

Raffles juga merupakan orang yang pertama kali menemukan keberadaan Bunga Bangkai saat melakukan ekspedisi bersama dengan penduduk lokal Bogor.

Sebelumnya pada saat pemerintahan Jepang, wilayah Bogor mengalami keterpurukan,  namun semua itu kembali setelah jepang ditaklukan oleh Belanda dan mulailah dilakukan pembangunan. Seiring dengan berkembangnya jaman dan kemerdekaan Indonesia berhasil direbut kembali, wilayah Bogor mulai ditata dan ditetapkan wilayah administratifnya hingga kini.

Ada hal yang membuat kota Bogor menjadi kota fenomenal yang sulit tidak dikenang dan terus dirasakan sangat penting adalah karena ada istana Bogor, juga ada kebun raya Bogor yang menyimpan banyak misteri alam. Sesuatu yang tidak boleh diabaikan adalah letaknya yang sangat dekat dengan Jakarta, ibu kota republik ini.

 

 

Editor : Thomas Koten
Sumber : Dari berbagai sumber