• News

  • Singkap Sejarah

Pertandingan Sepak Bola yang Paling Dikenang Sepanjang Sejarah

Gol Tangan Tuhan Maradona
sayangi
Gol Tangan Tuhan Maradona

MEKSIKO, NNC - Sepak bolah merupakan sebuah perhelatan paling akbar di planet bumi. Tidak ada perhelatan di dunia yang bisa menyatukan seluruh umat manusia dari berbagai ras, suku, agama, budaya, ritus-ritus lain di bumi selain sepak bola. 

Perhelatan sepak bolah yang paling heboh dan bisa menyatukan miliaran umat manusia adalah Piala Dunia. Meskipun negara-negara yang terlibat dalam sepak bolah di Piala Dunia itu tidak sebanyak pesta Olimpiade, namun Piala Dunia masih jauh lebih akbar ketimbang Olimpiade.

Dari semua perhelatan Piala Dunia, dalam sejarahnya, perhelatan Piala Dunia, penyelenggaraan pada tahun 1986 di Meksiko tampaknya menjadi yang paling banyak dikenang. Ada banyak kejadian yang terjadi sebelum hingga saat Piala Dunia digelar, yang membuat turnamen empat tahunan itu dianggap paling ikonik.

Menurut catatan Septian Nugraha dalam Panditfootball, hal-hal yang membuat perhelatan Piala Dunia di Meksiko dikenang adalah bermula dari kisah awal tentang peristiwa yang mengancam gagal terlaksananya Piala Dunia 1986, karena beberapa infrastruktur stadion rusak diterjang gempa besar delapan bulan sebelum pesta sepakbola dunia itu diselenggarakan.

Selain kerusakan, bencana tersebut juga menewaskan sekitar 30 ribu orang. Walaupun begitu, meski dalam keadaan berkabung, Piala Dunia tetap diselenggarakan karena pada saat itu tidak semua stadion hancur. Selain itu proses perbaikan terhadap beberapa infrastruktur yang hancur pun bisa diselesaikan tepat waktu.

Editor : Thomas Koten