• News

  • Singkap Sejarah

Pertandingan Sepak Bola yang Paling Dikenang Sepanjang Sejarah

Gol Tangan Tuhan Maradona
sayangi
Gol Tangan Tuhan Maradona

Mungkin bisa dibayangkan betapa kecewanya publik sepakbola saat itu bila tahu Piala Dunia 1986 gagal diselenggarakan. 

Satu hal yang lebih krusial tentunya, andai Piala Dunia 1986 tidak jadi diselenggarakan, maka tidak akan muncul sebuah gol paling fenomenal dan paling kontroversial yang pernah dicetak oleh bintang Argentina saat itu, Diego Armando Maradona.

Kejadiannya terjadi pada 22 Juni 1986 di partai perempat final antara Argentina melawan Inggris di Stadion Azteca. 

Pertandingan tersebut bisa dibilang emosional, karena kedua kesebelasan memang rival yang kemudian bisa membuat tensi pertandingan memanas. Namun pada laga tersebut Argentina jauh lebih mendominasi jalannya pertandingan.

Namun hingga turun minum skor 0-0 bertahan. Pada paruh kedua Argentina kemudian semakin agresif menekan pertahanan The Three Lion, hasilnya pada menit 50, gol yang ditunggu para partisan La Abiceleste pun tercipta.

Prose terciptanya gol berawal dari serangan cepat Argentina dengan bola pendek, dari tengah lapangan. Maradona yang saat itu mendapat operan dari rekannya kemudian berlari dan berhasil merangsek ke bibir kotak penalti Inggris. 

Karena saat ini para pemain bertahan The Three Lion menumpuk, Maradona kesulitan untuk melakukan aksinya, hingga bola kemudian di oper kepada Jorge Valdano yang sebenarnya sedang mendapat pengawalan ketat pemain belakang Inggris.

Valdano kemudian gagal menjangkau bola, salah satu pemain bertahan Inggris berhasil melakukan sapuan. Sayang sapuan itu kurang sempurna hingga bola kemudian mengarah ke kotak penalti sendiri. Shelton berlari dan melompat untuk mengamankan bola.

Tapi tanpa terduga ada pergerakan tanpa bola yang dilakukan Maradona hingga bisa merangsek sampai kotak penalti. Duel antara Shelton dan Maradona pun terjadi, kondisinya saat itu sangat terlihat kalau 100 persen duel akan dimenangi Shelton karena jangkauannya yang lebih dekat dengan bola.

Namun tanpa diduga, Maradona yang kalah postur juga ikut menggunakan tangannya untuk menjangkau si kulit bundar, dan berhasil. Bola kemudian masuk ke gawang. Ali Bin Naser, wasit asal Tunisia, mengesahkan gol tersebut.

Editor : Thomas Koten

Apa Reaksi Anda?