• News

  • Singkap Sejarah

Lima Orang Ini Hilang Secara Misterius, Salah Satunya Pahlawan Nasional

Ilustrasi foto Komandan PETA indonesia, Supriyadi
Istimewa
Ilustrasi foto Komandan PETA indonesia, Supriyadi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sejak tahun 1800-an hingga masa kini, banyak orang yang menghilang secara misterius tanpa diketahui keberadaannya, hal tersebut tentunya membuat keluarganya bingung, sedih dan tidak mengerti apa yang terjadi.

Apakah itu takdir Tuhan? ataukah hanya sekedar tragedi. Penculikan seringkali menjadi sebab utama hilangnya seseorang. Namun nyatanya ada banyak sekali kasus hilangnya seseorang secara misterius tanpa diketahui penyebabnya.

Tidak sedikit dari mereka yang hilang tanpa jejak keberadaannya masih menjadi misteri dan teka-teki hingga sekarang. 

Berikut adalah orang-orang yang menghilang secara misterius di berbagai belahan dunia:

1. Misteri hilangnya Etan Patz (Amerika Serikat)

Kasus hilangnya Etan Patz menjadi isu nasional di Amerika Serikat. Presiden Amerika saat itu, Ronald Reagan bahkan menetapkan tanggal hilangnya Etan yaitu tanggal Jumat 25 Mei 1979 sebagai Hari Anak Hilang Nasional.

Kasus ini dimulai ketika Etan yang berusia 6 tahun hendak berangkat sekolah menggunakan bus sekolah. Namun, Etan tidak pernah muncul kembali setelah itu. Ia tidak pernah ditemukan setelah menghilang selama 37 tahun.

Etan dinyatakan meninggal pada tahun 2001 meski pun jasadnya tidak pernah ditemukan. Kasus hilangnya Etan Patz merupakan salah satu kasus anak hilang paling misterius karena tidak ada saksi mata dan tidak ada bukti yang cukup untuk menetapkan tersangka.

2. Komandan PETA indonesia, Supriyadi (Indonesia)

Supriyadi adalah seorang Komando Peta yang memimpin penyerbuan ke markas komando Jepang, terutama di kota Blitar.

Saat Bung Karno datang ke Blitar, Supriyadi dan pasukannya langsung menghadap. Mereka menceritakan semua rencana yang telah disusun dengan matang.

Saat itu Bung Karno memperingatkan Supriyadi tentang dampak pemberontakannya. Namun ia tetap bersikeras jika pemberontakan ini akan berhasil.

Tepatnya pada 14 Februari 1945, tentara PETA di Blitar memberontak. Namun sayang, Jepang terlalu hebat dan pandai untuk dikelabuhi.

Akhirnya banyak dari mereka yang ditangkap dan diadili. Beberapa dihukum mati dan yang lain di penjara. Saat persidangan berlangsung, Supriyadi tidak nampak. Ia hilang dan tidak ditemukan hingga sekarang.

Sebenarnya pada tanggal 6 Oktober 1945, saat pemerintahan Indonesia didirikan Supriyadi mendapatkan satu tempat sebagai menteri. Bung Karno memberinya sebuah jabatan berupa Menteri Keamanan Rakyat.

Namun beberapa hari berselang Supriyadi tak jua muncul hingga akhirnya jabatan ini diberikan kepada Imam Muhammad Suliyoadikusumo. Tak seorang pun tahu di manakah Supriyadi.

3. Amelia Earhart (Amerika Serikat)

Amelia Earhart adalah salah satu pilot wanita dari Amerika Serikat yang telah banyak mengelilingi dunia dengan pesawatnya.

Earhart hilang secara misterius di Samudra Pasifik di dekat Pulau Howland dalam usaha untuk melakukan penerbangan keliling dunia tahun 1937. Ketertarikan mengenai hidup, karier, dan misteri hilangnya Earhart masih tetap berlanjut sampai sekarang.

4. Kasus Maggie Yeung (Republik Rakyat Tiongkok)

Seorang wanita berusia 58 tahun, Maggie Yeung menghilang secara misterius saat sedang melakukan haiking bersama teman-temannya pada bulan September tahun 1981 di Gunung Baiyun, Guangzhou, RRT.

Maggie yang berjalan terlebih dahulu tiba-tiba menghilang di sebuah belokan dan tak pernah ditemukan lagi. Apakah ia lari dan berjalan sangat cepat?

Kenyataannya Maggie bertubuh sangat gemuk dan menderita penyakit hipertensi yang membuatnya mustahil berlari dengan cepat dan menghilang begitu saja. Hingga kini keluarganya masih terus menyelidiki, namun sia sia, maggie telah hilang di tengah kabut Gunung Baiyun.

5. Glenn Miller (Amerika Serikat)

Glenn Miller adalah seorang pemusik dan pimpinan sebuah band Jazz dari Amerika yang terkenal, ia dilaporkan menghilang secara misterius saat ia menuju Prancis dari Inggris untuk merayakan bebasnya kota Paris dari cengkeraman Jerman.

Hanya sedikit yang mengetahui hal ini pada masa itu sebab pada hari itu juga Jerman melancarkan serangan ofensif besar-besaran dan yang terakhir yang pernah dilakukan Jerman di masa perang dunia kedua terhadap pihak sekutu yang terkenal dengan nama pertempuran Bulge, yang menghiasi pemberitaan media massa di Eropa.

Reporter : Albert Adji
Editor : Nazaruli

Apa Reaksi Anda?