• News

  • Singkap Sejarah

Kabinet Wilopo Dibentuk 4 April 1952


Foto: gema-nurani.com/

Berita Terkait

JAKARTA, NETRALNEWS.COM –  Kabinet Wilopo terbentuk pada 4 April 1952 dengan Wilopo sebagai perdana menteri. Kabinet ini merupakan koalisi PNI dan partai Masyumi. Sri Sultan Hamengkubuwono IX menjadi Menteri Pertahanan. 

Kabinet ini berkuasa pada 4 April 1952 sampai 30 Juli 1953. Kabinet ini bubar akibat peristiwa Tanjung Morawa yang memunculkan mosi tidak percaya dari Serikat Tani Indonesia terhadap Kabinet Wilopo. Wilopo akhirnya harus mengembalikan mandatnya pada presiden. 

Wilopo yang lahir di Purworejo, Jawa Tengah, tahun 1908 adalah seorang politikus yang berasal dari partai PNI. Ia menjadi Perdana Menteri di dalam Kabinet ke-3 menggantikan posisi Sukiman Wiryosanjoyo. 

Sukiman dianggap gagal dalam pemerintahan akibat ditandatanganinya persetujuan bantuan ekonomi dan persenjataan dari Amerika Serikat kepada Indonesia atas dasar Mutual Security Act ( MSA ). Persetujuan ini menimbulkan tafsiran bahwa Indonesia telah menyalahi aturan politik bebas-aktif dan cenderung memasuki Blok Barat. 

Masyumi dan PNI menarik dukungannya terhadap kabinet dan Sukiman harus mengembalikan mandatnya kepada presiden. Karir politik Wilopo termasuk gemilang. Ia menjadi menteri pada Kabinet Amir Syarifudin 1 dan 2 dan Ketua Konstituante pada 1955-1959,  Ketua Dewan Pertimbangan Agung Indonesia (1968-1978) dan anggota Komite Empat Tim Pemberantasan Korupsi (1970).

 

Editor : Willy Hangguman