• News

  • Singkap Sejarah

Hari Arwah Sedunia: Doakan Keluarga yang Meninggal

Perayaan (All Souls Day) Hari Arwah (Kuasa Doa)
Perayaan (All Souls Day) Hari Arwah (Kuasa Doa)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Hari Arwah, atau Hari Semua Jiwa (penerjemahan harfiah dari bahasa Inggris: All Soul's Day), adalah suatu hari yang dirayakan untuk memperingati semua orang beriman yang telah meninggal dalam agama Kristen; biasanya untuk mengenang arwah kerabat, walaupun tidak secara khusus dimaksudkan untuk itu.

Dalam Kekristenan Barat, perayaan tahunan ini sekarang diperingati setiap tanggal 2 November dan terkait dengan Hari Raya Semua Orang Kudus (1 November), serta vigilinya, Halloween (31 Oktober).

Dalam buku liturgi Gereja Katolik barat (Gereja Latin) hari perayaan ini disebut Peringatan Arwah Semua Orang Beriman, dan dirayakan setiap tahun pada 2 November meskipun tanggal tersebut jatuh pada hari Minggu; pada hari tersebut umat Katolik berdoa bagi arwah orang yang telah meninggal dunia.

Anglikanisme juga menggunakan sebutan yang serupa dengan Gereja Latin, dan menjadikannya suatu perayaan fakultatif (opsional); kalangan Anglikan memandang perayaan ini sebagai perpanjangan Hari Raya Semua Orang Kudus dan berfungsi untuk "mengenang mereka yang telah meninggal dunia", dalam kaitannya dengan doktrin teologis tentang kebangkitan badan dan Persekutuan Para Kudus.

Dalam Gereja Ortodoks Timur dan Gereja Katolik Timur Ritus Bizantium, peringatan ini dirayakan beberapa kali sepanjang tahun dan tidak ada hubungannya dengan bulan November.

Keyakinan dan praktik sehubungan dengan Hari Arwah ini bervariasi di antara berbagai denominasi dan gereja Kristen.
Ortodoksi Timur dan Katolik Bisantin (Yunani)

Di kalangan Ortodoks Timur dan Katolik Timur Ritus Bisantin (Yunani) terdapat beberapa Hari Arwah sepanjang tahun. Sebagian besar jatuh pada hari Sabtu, karena Yesus dibaringkan di Makam pada hari Sabtu Suci. Hari-hari peringatan ini disebut sebagai hari-hari Sabtu Jiwa (Soul Saturdays).[butuh rujukan] Hari Arwah dirayakan pada saat-saat berikut:

  • Sabtu kedua sebelum Prapaskah Agung (hari sebelum Minggu Pengadilan Terakhir)
  • Sabtu kedua, ketiga, keempat Prapaskah Agung
  • Radonitsa (Senin atau Selasa setelah Minggu Tomas)
  • Sabtu sebelum Pentakosta
  • Sabtu Demetrius (Sabtu sebelum pesta Santo Demetrius dari Thessaloniki —26 Oktober). Dalam semua Gereja Ortodoks ada peringatan arwah pada hari Sabtu sebelum pesta Malaikat Agung Santo Mikael —8 November, dan bukan Sabtu Jiwa Demetrius.

Editor : Sesmawati
Sumber : Wikipedia