• News

  • Sisi Lain

Inilah 4 Sekolah Berhantu dan Paling Seram di Pulau Jawa

SMA 3 Bandung
youkepo
SMA 3 Bandung

BANDUNG, NETRALNEWS.COM - Sekolah hakikatnya merupakan tempat  persemaian pengetahuan, pengolahan intelektual, penggemblengan kepribadian, penyempurnaan watak, dan seterusnya. Singkatnya, sekolah merupakan peningkatan rasio dan pencerdasan watak dan kepribadian, akhlak, budi pekerti, etika, moral dan seterusnya. 

Kerena itu, seekolah seharusnya menjadi tempat belajar mengajar yang nyaman dan terkenal dengan prestasi para murid-muridnya. Supaya dengan itu, kecerdasan intelektual dan kepribadian anak didik terasah. 

Tetapi dalam kenyataannya, ada sekolah yang memiliki nuansa lain, sehingga tujuan dari sekolah yang bertujuan untuk mengasah dan mencerdaskan rasio dan atau intelektual anak-anak kerap terganggu. 

Kenapa, karena  ada beberapa sekolah yang meskipun memiliki banyak faktor yang menunjang kesuksesan siswa, tetapi di situ pula diyakini dan dirasakan ada penghuni dari makhluk-makhluk astral, atau jin atau hantu. 

Berbarengan dengan keyakinan adanya hantu tersebut, maka di situ juga berhamburan cerita-cerita mistis yang menyeramkan, yang kadang-kadang mencekam. Di bawah ini ada beberapa sekolah yang diselimuti kisah dan cerita mistis itu, yang pernah diangkat orangdalam.com, yang kemudian elaborasi lagi Netralnews di bawah ini

1. SMA 5 dan SMA 3 Bandung

Cerita mistis tentang SMA 5 dan 3 yang terletak di Bandung sudah terkenal di seantero negeri. Banyak yang mengaku merasakan keganjilan dan tanda-tanda adanya makhluk halus yang menghuni bangunan sekolah. Salah satu yang paling terkenal adalah kisah hantu bernama Nancy yang ada di sekolah yang dulunya bernama Hooge Burgere School itu.

Nancy adalah sosok wanita Belanda yang konon katanya membunuh dirinya sendiri di sekolah tersebut. Ada cerita lain yang mengatakan jika ingin melihat sosok Nancy ini, harus berjalan di depan sekolah sebanyak tiga kali keliling. Dan Nancy akan menampakkan diri di jendela bagian atas sekolah.

2. SMKN 4 Yogyakarta

Bahwasanya, kisah yang terjadi di SMKN 4 Yogyakarta ini, konon dulunya didirikan di atas pemakaman. Hal ganjil yang sering terjadi di sekolah ini adalah kesurupan massal.

Kesurupan massal yang sering menimpa para murid sekolah tersebut juga dihubungkan dengan lokasi sekolah yang berdiri di atas pemakaman. Selain itu, ada juga sebuah pohon beringin yang berukuran besar diyakini menjadi sarang hantu di SMKN 4 Yogyakarta.

3. SMAN 1 Yogyakarta

Sekolah lain yang ada di Yogyakarta yang termasuk sangat angker adalah SMAN 1 Yogyakarta. Siapa sangka jika di balik ketenaran sekolah tersebut sebagai sekolah favorit dan unggulan, ada cerita mistis tentang Mbak Yayuk. Siapa sih Mbak Yayuk Itu?

Sosok wanita itu adalah hantu siswa yang ceritanya dulu adalah siswa teladan  yang bunuh diri karena hamil di luar nikah.  

Mbak Yayuk kabarnya meninggal secara tragis dengan gantung diri di sebuah sudut ruangan di SMAN 1 Yogyakarta. 

Di sekolah ini tersebar cerita jika lagu Fur Elise bisa memanggil si Mbak. Karena lagu tersebut adalah lagu favoritnya.

4. SMAN 1 Malang

Selain di Bandung dan Yogyakarta, ada juga di Malang. Tepatnya di SMAN 1 Malang berdiri di lokasi yang berdekatan dengan Balai Kota Malang dan di depannya membentang Alun-laun Tugu yang terkenal dengan monumen icon Kota Malang. Oleh sebab itu,  SMAN 1 juga sering disebut SMAN Tugu. Sekolah tersebut termasuk sekolah tua yang sudah lama berdiri.

Di sekolah ini dipercaya dulunya lokasi tempat berdirinya sekolah tersebut adalah tempat pembantaian tentara-tentara zaman perjuangan. Sehingga lokasinya jadi angker. 

Kisah tersebut juga dihubungkan dengan kisah ubin berdarah yang akan tetap menunjukkan bercak darah meski ubin diganti yang baru.

Jelas bahwa bukan hanya sekolah-sekolah di Bandung, Yogyakarta dan Malang itu yang dipercaya dihuni makhluk-makhluk halus, hantu atau jin, tetapi masih banyak sekali sekolah di negeri ini yang dipercaya dihuni oleh makhluk-makhluk halus alias hantu. 

Bahkan bisa dipastikan masih banyak sekolah lain yang jauh lebih seram, tetapi itulah yang dikatakan Netralnews kali ini, bahwa beberapa sekolah di atas itulah yang menurut berbagai sumber termasuk sangat menyeramkan. 

 

Editor : Thomas Koten
Sumber : Orangdalam