• News

  • Sisi Lain

Ngalap Berkah di Tempat Penuh Magis Khayangan yang Tiap Tahun Minta Korban

Khayangan Wonogiru
srandilponorogo.wordpress
Khayangan Wonogiru

WONOGIRI, NNC - Khayangan yang terletak di Desa Dlepih, Tirtomoyo, Wonogiri merupakan objek wisata spiritual. Tempat yang beraura dan beraroma mistis sangat tinggi.

Di tempat ini, menurut cerita para warga, setiap tahun selalu minta korban. Rata-rata mereka tewas dan hilang karena terseret deras air yang mengalir di sungai itu saat ritual kungkum.

Kungkum adalah sebuah ritual berendam dalam air sambil wirid atau berdoa. Kematian mereka kerap dihubungkan dengan klenik yang kental di kawasan wisata tersebut.

Khayangan juga dikenal dengan wisata air terjun dan batu akiknya. Wisata Wonogiri Khayangan dikenal menjadi tempat tujuan bagi orang yang ingin bermeditasi dan mencari berkah atau disebut ngalab berkah. 

Lokasi itu diyakini sebagai petilasan Panembahan Senopati. Panembahan Senopati merupakan pendiri sekaligus raja pertama Kasultanan Mataram atau Kerajaan Mataram Islam pada 1587-1601.

Panembahan Senopati diyakini melakukan ritual di beberapa tempat di bawah batu yang membentuk seperti gua. Tempat itu diberi nama Selo Bethek, Selo Penangkep, dan Selo Payung. 

Selain itu terdapat kedung atau bagian sungai yang membentuk cekungan yang dipercaya sebagai tempat pemandian Panembahan Senopati.

Seiring berjalannya waktu petilasan-petilasan di Khayangan digunakan sebagai tempat menggelar ritual bertapa untuk meminta sesuatu. Sedangkan pesiraman digunakan untuk ritual berendam.

Khayangan ramai pengunjung setiap malam Jumat Kliwon, malam Selasa Kliwon, Legi, dan malam 1 Suro. Pesiraman itulah yang diduga kuat kerap memakan korban.

Editor : Thomas Koten