• News

  • Sisi Lain

Hati-Hati Ada Penumpang Gaib ketika Melintas di Jembatan Cigede, Ciamis

Jembatan Cigede, Panawangan, Ciamis.
Harapanrakyat
Jembatan Cigede, Panawangan, Ciamis.

CIAMIS, NNC - Di mana-mana di Nusantara ini terdapat begitu banyak tempat mistis atau angker dan menyeramkan. Mulai dari gunung, laut, darat, rumah, hotel, sekolah, jalan raya, sungai, dan tempat lainnya terdapat tempat-tempat gaib, yang dihuni makhluk-makhluk gaib, hantu, siluman, dan sejenisnya.

Salah satu tempat itu adalah Jembatan Cigede atau yang lebih dikenal dengan Jembatan Tonjong. Letaknya di perbatasan Desa Indragiri dan Desa Cinyasag, Kecamatan Panawangan, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Menurut cerita warga setempat, di jembatan itu sering muncul makhluk-makhluk gaib, seperti siluman dan hantu. Sosok hantu yang menghuni jembatan itu berbentuk wanita cantik. Sosok wanita cantik tersebut merupakan jelmaan harimau yang menghuni di kawasan itu.

Konon, di jembatan itu sendiri, pada zaman dahulu merupakan tempat pembuangan mayat. Kemudian tempat itu dijadikan tempat pembuangan mayat lagi pada sekitar tahun 1980-an.

Saat itu, warga yang tinggal di sekitar Jembatan Cigede, sempat digegerkan dengan penemuan 4 mayat perempuan tak dikenal pada saat yang bersamaan.
 
Warga menerka, keempat mayat tersebut merupakan orang-orang jahat yang sengaja dibunuh di sekitar jembatan atau di tempat lain lalu dibuang di dekat jembatan itu. Warga menduga demikian karena keempat tubuh mayat tersebut dipenuhi dengan tato.

Dari tahun 1980 hingga sekarang, telah enam kali warga digegerkan dengan penemuan mayat, ada yang telinganya dipotong, dan bekas-bekas pembunuhan sadis lainnya. Semuanya ditemukan di jembatan itu.

Suasana angker di tempat itu, diperkuat dengan suasana yang sunyi, jauh dari keramaian, sekaligus diapit oleh dua pegunungan.

Dengan banyaknya cerita misteri seperti itu, banyak warga yang menyebutnya sebagai jembatan angker, hingga saat ini. Orang pun tidak berani sembarangan atau melintas sendirian di jembatan itu, terutama malam hari.

Sosok wanita cantik tersebut terkadang menjadi penumpang gaib saat ada kendaraan melewati jembatan itu, terutama ketika malam Jumat Kliwon.


Reporter : Thomas Koten
Editor : Y.C Kurniantoro
Sumber : Dari berbagai sumber