• News

  • Sisi Lain

Menguak Misteri Rumah Hantu di Jalan Magelang, Yogyakarta

Rumah hantu yang berada di Jalan Magelang, Yogyakarta.
Keluarga Tak Kasat Mata
Rumah hantu yang berada di Jalan Magelang, Yogyakarta.

JAKARTA, NNC - Beberapa waktu yang lalu, tepatnya sekitar tahun 2016, sebuah rumah yang berada di Jalan Magelang, Yogyakarta menjadi perbincangan hangat di dunia maya. Rumah besar itu disebut-sebut sebagai rumah angker yang menyimpan banyak misteri. 

Bangunan dengan dua lantai dan tampak menyenangkan itu juga memiliki taman di halaman rumahnya. Rumah yang cukup luas itu sempat disewa oleh sebuah perusahaan untuk difungsikan sebagai kantor pada tahun 2012.

Salah seorang karyawan di perusahaan itu sempat menuliskan pengalamannya berinteraksi dengan makhluk halus "penunggu" rumah tersebut. Dalam tulisannya, Bonaventura Genta, nama karyawan tersebut, menceritakan tentang berbagai hal aneh yang terjadi. Antara lain, peralatan kantor yang tiba-tiba bergerak sendiri, lampu ruangan yang sering padam tanpa jelas penyebabnya. 

Tak hanya itu, suara-suara aneh pun sering terdengar dan kamar mandi yang ada di rumah itu pun juga beberapa kali mengeluarkan bau anyir darah yang begitu menusuk hidung.

Bahkan, penampakan-penampakan di rumah itu juga sering mengejutkan, sekaligus menakutkan. Genta menuliskan, ada penampakan berwujud wanita berkerudung dengan kondisi berlumur darah, ada sosok nenek-nenek yang tiba-tiba saja muncul di dapur kantor, ular sebesar paha manusia dengan kepala yang menyerupai anjing, dan sebagainya. Tentu saja penampakan makhluk astral tersebut seolah menjadi teror bagi para karyawan.

Lalu, mengapa rumah tersebut menjadi anker? Konon ceritanya, di tempat tersebut, dulu terdapat sebuah pohon Gayam yang menjadi tempat bersemayam mahluk halus atau jin.

Dikisahkan, sekitar tahun 1950-1960an ada sebuah keluarga yang hidupnya susah dan serba kesulitan. Pasangan suami-istri itu memiliki enam orang anak. Akibat himpitan ekonomi, akhirnya sang bapak memilih jalan pintas dengan cara mencari dukun untuk bersekutu dengan setan atau jin.

Entah apa yang didapat dari sang dukun, akhirnya keluarga tersebut bisa mendapatkan kekayaan dalam hitungan singkat. Keluarga tersebut membangun rumah yang cukup bagus di tempat tersebut. Pohon Gayam yang menjadi tempat tinggal mahluk halus ikut ditebang.

Konon, sang bapak bersekutu dengan jin jahat yang cukup tua, kurang lebih berusia 3.000 tahun. Sosoknya tinggi besar dan menyeramkan dengam mata merah menyala. Sejak keluarga itu menempati rumah tersebut, jin jahat tersebut dipuja oleh sang pemilik rumah. 

Sang bapak juga memiliki tempat khusus untuk berkomunikasi serta memuja dengan raja jin. Lokasinya ada di ruang belakang, dan diperkirakan terdapat ruangan bawah tanah di belakang rumah.

Pada akhirnya, satu persatu anggota keluarga tersebut meninggal akibat dimakan oleh raja jin jahat tersebut. Dimulai dari anak-anaknya, istrinya, hingga akhirnya si bapak itu sendiri. Semuanya menjadi tumbal jin jahat tersebut. 

Sejak saat itu, rumah tersebut dibiarkan kosong dan menjadi angker. Berbagai kejadian aneh pun sering terjadi, terutama setelah rumah tersebut disewa unuk menjadi kantor.

Penulis : Thomas Koten
Editor : Y.C Kurniantoro
Sumber : Dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?