• News

  • Sisi Lain

Ini Gedung-Gedung Perkantoran di Jakarta yang Berhantu

Menara Saidah
Trubus
Menara Saidah

JAKARTA, NNC - Kisah-kisah mistik dan penampakan makhluk astral, ternyata bukan hanya terjadi di gunung, laut, sungai, gua-gua, rumah sakit, atau di makam-makam tua, tetapi juga di gedung perkantoran atau hotel berbintang nan mewah di Ibukota Jakarta.

Jika ditelusuri, ternyata cukup banyak gedung-gedung kantor di Jakarta yang dihuni makhuk astral. Bukan hanya gedung-gedung kosong yang tidak dimanfaatkan, tetapi juga gedung-gedung mewah yang sehari-hari dipenuhi aktivitas kantor, yang karyawannya berpenampilan rapi bahkan berdasi.

Sebut saja gedung-gedung yang berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, MT Haryono, kawasan Kuningan, Jalan Abdul Muis, dan lainnya. Hantu-hantu itu biasanya menempati gudang perkantoran, toilet, ruang pertemuan, bahkan hingga di ruang direksi.

Kantor di kawasan Sudirman
Tidak disangka kantor-kanor di kawasan elit yang menjadi pusat bisnis kelas atas Jakarta ini, juga dihuni makhluk astral. Menurut sebuah sumber, di lantai 3 sebuah gedung di Jalan Jenderal Sudirman, muncul sebuah kisah horor.

Sumber tersebut mengisahkan, ketika sejumlah karyawan sedang lembur bekerja hingga pukul 10 malam, keadaan sudah gelap. Hanya ada lampu kecil yang menerangi toilet. Kebetulan toilet gedung ini sudah canggih, yaitu menggunakan sensor untuk flush toiletnya. Jadi tidak perlu menekan tombol flush untuk menyiram usai buang air kecil.

Ketika seorang karyawan sedang mencuci tangan, terdengar dari salah satu toilet tersebut ada suara flush, padahal tak ada seorang pun di toilet itu. Bulu kuduk sang karyawan itu langsung berdiri dan cepat-cepat meninggalkan toilet tersebut.

Gedung kosong di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan
Gedung perkantoran ini merupakan salah satu gedung tinggi di Jakarta yang lama tak dipakai, berlokasi di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan. Meski bangunannya masih terlihat kokoh berdiri, namun gedung itu sudah lama kosong dan tidak digunakan lagi.

Info resmi menyebutkan gedung ini ditutup sejak 2007, karena struktur bangunan gedung tersebut mengalami kemiringan, sehingga tidak aman dan akhirnya ditinggalkan.

Di balik informasi tersebut, ada beberapa informasi yang masih meninggalkan banyak kontroversi, seperti cerita tentang betapa angkernya lift di gedung tersebut. Kejadian ini terjadi ketika gedung tersebut masih digunakan dulu.

Saat itu ada dua satpam yang sedang berjaga malam dan mengalami kejadian yang di luar nalar. Ceritanya, saat itu malam hari tiba-tiba ada seorang wanita tak dikenal yang datang dan berniat ingin ke lantai 14 untuk menemui saudaranya.

Salah satu satpam lalu menemani si wanita itu dan mereka berdua naik lift ke lantai 14. Selama perjalanan menuju lantai 14, tiba-tiba lift berhenti di lantai 11 dan pintu lift langsung terbuka sendiri. Tidak ada yang masuk ataupun keluar.

Sang satpam tidak terlalu mempedulikannya karena kejadian seperti ini sering terjadi. Lift lalu berjalan lagi ke lantai 14 dan betapa kagetnya sang satpam saat menyadari kalau wanita yang bersamanya di dalam lift sudah menghilang. Padahal jelas-jelas sang wanita itu tidak keluar saat di lantai 11.

Gedung Perkantoran di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan
Kawasan Kuningan merupakan salah satu kawasan prestisius di Jakarta Selatan, karena termasuk pusat perkantoran dan juga pusat kedutaan besar sejumlah negara sahabat. Pastinya kawasan ini selalu ramai dan cukup glamor. Namun fakta tersebut tidak mengurangi tingkat horor yang terjadi di salah satu gedung kantor tertinggi di sana.

Gedung tersebut berada di samping hotel mewah yang sudah cukup berumur. Menurut narasumber yang bekerja di kantor tersebut, hal aneh yang paling sering terjadi adalah adanya hantu lembur.

Ketika itu ada seorang pekerja yang sedang lembur di lantai 19. Dari balik kubikelnya, dia melihat sepintas ada temannya yang sedang bekerja. Dalam hati, dia pun merasa tenang karena dia tidak sendirian.

Pukul 11 malam, ketika pekerjaannya selesai dan hendak pulang, otomatis dia akan melewati meja temannya tersebut. Ternyata di situ tidak ada siapa-siapa, padahal sejak sore dia tidak melihat temannya itu bangun dari kursinya ataupun melewati pintu utama untuk keluar.

Merasa aneh, dia pun segera keluar dan menuju lift. Ketika lift terbuka ia segera masuk lift. Namun, ketika ia membalikkan badan untuk memencet tombol lantai dasar yang akan ditujunya, ada seorang perempuan yang menahan pintu lift tersebut. Seketika itu pula ia pingsan dan ditemukan oleh satpam dalam keadaan tidak sadarkan diri.

Penulis : Thomas Koten
Editor : Y.C Kurniantoro
Sumber : Dari berbagai sumber

Apa Reaksi Anda?