• News

  • Sisi Lain

Sepasang Pengantin Tewas Saat Mandi Berduaan, Arwahnya Dikabarkan Gentayangan

Pemandian Sumber Pengantin di Jombang, Jawa Timur
Foto: Faktualnews.co
Pemandian Sumber Pengantin di Jombang, Jawa Timur

JOMBANG, NETRALNEWS.COM - Kota Jombang terkenal sebagai kota penuh misteri. Di Kota ini ada kisah Ryan Jagal Jombang alias Verry Idham Henyansyah yang saat ini tengah mengajukan Grasi. Ryan dijatuhi hukuman mati oleh pengadilan karena terbukti telah membunuh 11 orang secara keji.

Selain soal Ryan Jombang, di kota ini juga terkenal dengan wisata misteri. Salah satunya yang terkenal adalah Pemandian Sumber Pengantin yang terletak di Desa Jogoroto, Kecamatan Jogoroto, Kabupaten Jombang, Provinsi Jawa Timur.

Sesuai namanya, tempat ini terkenal karena kisah misteri yang menyelimuti pemandian. Dahulu kala, ada sepasang pengantin baru yang meninggal saat tengah mandi berduaan di lokasi pemandian tersebut.

Karena peristiwa itulah, lokasi pemandian tersebut dinamakan Pemandian Sumber Pengantin. Kemunculan nama itu, juga dibarengi dengan beragam peristiwa mistis.

Cerita misteri di balik kematian pengantin kemudian tersebar dari mulut ke mulut. Pasalnya penyebab kematian sepasang pengantin tersebut tidak diketahui hingga kini.

Ada yang menduga bahwa itu murni kecelakaan akibat mengalami keram perut sehingga keduanya tengelam. Ada pula yang mengatakan, keduanya dimangsa makhluk halus penghuni pemandian yang merasa iri dengan kemesraan sepasang pengantin tersebut.

Bahkan, ada yang mengait-ngaitkan keangkeran tempat itu karena arwah sepasang pengantin yang meninggal itu selalu gentayangan menggangu pengunjung. Tentu saja, cerita itu sangat berdampak  terhadap banyak sedikitnya jumlah pengunjung atau wisatawan.

Wisatawan yang takut dengan kisah misteri, tentu tidak bisa menikmati kegembiraan jika berkunjung ke Pemandian Sumber Pengantin. Tetapi bagi yang suka objek wisata misteri, Pemandian Sumber Pengantin adalah salah satu referensi yang sangat baik.

Selian kisah misteri kematian sepasang pengantin, di pemandian ini, terdapat pohon beringin besar yang dipercaya angker. Konon usianya sudah ratusan tahun. Penampakan umurnya yang sudah tua bisa dilihat dari akar pohon yang merambat ke sana ke mari bahkan hingga ke bibir kolam.

Di pohon ini, konon terdapat kekuatan supranatural. Banyak orang memanfaatkannya untuk memperoleh aneka keberuntungan. Ada pula yang menjadikan sebagai sumber memperoleh benda pusaka atau jimat batu akik.

Salah satu ritual yang harus dijalani bila ingin memperoleh keberuntungan adalah dengan berendam di pemandian pada malam hari.

Selain mendatangkan keberuntungan, konon berendam di malam hari bisa membuat aura sesorang memancar. Bila perempuan menjadi sangat rupawan, bila laki-laki akan menjadi tampak berwibawa.

Di pohon beringin ini, dahulu juga pernah dihebohkan dengan kejadian penemuan seorang anak perempuan yang sebelumnya dinyatakan hilang. Usai mandi di pemandian, anak itu dicari-cari orang tua dan warga desa.

Saat ditemukan, ia ternyata tengah tertidur pulas di bawah pohon beringin di pemandian tersebut. Usai dibangunkan, anak perempuan itu mengisahkan pengalaman mistisnya.

Ia mengaku saat mandi di pemandian, ia merasakan dirinya dibawa oleh kekuatan aneh dan masuk dalam dunia (dimensi) lain. Ia melihat suasana di sekitar seperti dalam era kerajaan kuno.

Ia melihat ada seorang pengeran dikawal sejumlah pasukan berkuda persis seperti dalam gambar dan film di era kerajaan Hindu-Budha. Dalam penampakan itu, rakyat terlihat hidup damai dan tenteram.

Bagi Anda yang menyukai objek wisata seperti itu, jangan lewatkan masa liburan Anda dengan mengunjungi Pemandian Sumber Pengantin. Anda dijamin akan mendapatkan kepuasan misteri dan pemandangan alam sekitar yang indah.

 

Editor : Taat Ujianto
Sumber : dari berbagai sumber