• News

  • Sisi Lain

Usai Tonton Video Horor di Youtube, Cecil Digeruduk Penampakan Makhluk Halus

Ilustrasi tayangan film horor di Youtube
foto: youtube
Ilustrasi tayangan film horor di Youtube

MAGELANG, NETRALNEWS.COM – Biasa dipanggil Cecil (18). Ia adalah seorang siswi kelas XII di salah satu SMA di Kota Magelang, Jawa Tengah. Namanya mendadak tenar dan menjadi bahan pergunjingan di antara teman-temannya.

Pasalnya, tiga hari berturut-turut tidak masuk sekolah. Ketika teman-teman dan wali kelasnya mengunjungi rumahnya, ternyata ia sedang mengalami gangguan psikologis usai menyaksikan salah satu channel video horor di Youtube.

Cecil menjadi sorotan karena ia kurang mendapat perhatian yang cukup dari kedua orang tuanya. Ibunya menjadi TKW di Taiwan, sementara ayahnya banyak keluar kota karena bekerja menjadi supir truk salah satu perusahaan jasa transportasi.

Beruntung, saat ia mengalami kelainan, datang teman-teman dan gurunya sehingga bisa tertolong dan tertangani dengan semestinya. Bila tidak, bisa jadi kondisinya akan semakin parah.

"Saat kami jumpai, usai membuka paksa pintu rumahnya, kami dapati kondisi Cecil sangat mengkhawatirkan. Matanya merah, mukanya sudah sangat pucat, dan tampak menggigil seperti ketakutan dan kedinginan. Ia tak mengenali kami berempat. Saya sangat iba melihatnya," tutur Monica (28), wali kelas Cecil kepada Netralnews.com, Senin (6/8/2019).

Menurut penuturan Monica, anak muridnya seperti dalam kondisi kehilangan kesadaran dan mengalami ketakutan yang kronis. Monica membutuhkan beberapa hari untuk memulihkan fisik dan mengorek keterangan tentang apa yang sebenarnya terjadi.

"Karena ia di rumahnya sendirian, maka Cecil saya bawa ke rumah saya. Ayahnya sedang berada di Sumbawa. Di rumah saya, Cecil perlahan bisa membaik. Ia mulai mau makan dan tidak takut lagi karena selalu ditemani nenek (Ibu dari Monica, red)," kenang Monica.

Setelah mulai membaik, barulah Monica bisa mengorek keterangan apa yang menjadi penyebab Cecil  mengalami perubahan sikap yang drastis dan mendadak.

Sekitar tiga hari berikutnya, barulah Cecil bisa tersenyum dan bercerita. Rupanya, saat kami datangi di rumahnya, Cecil sudah tidak makan selama tiga hari tiga malam. Ia juga tidak bisa tidur dan hanya mengurung diri di dalam kamarnya.

"Ia ketakutan dan sembunyi di kamarnya. Ia mengaku melihat berbagai penampakan dan gangguan. Ia merasa rumahnya tiba-tiba seperti digeruduk banyak makhluk halus atau hantu. Banyak jenisnya katanya. Ada yang hanya berbentuk kepala, perempuan, tengkorak, dan sebagainya," terang Monica.

Monica kemudian terus mengejar akar masalahnya. Ia heran karena selama dua tahun sebelumnya, Cecil sangat dikenal sebagai seorang siswi yang periang dan banyak bertanya. Makanya, sangat aneh bila ia tiba-tiba menjadi berubah seperti pelajar yang serba ketakutan.

"Ternyata, penyebab ia mengalami penampakan makhluk halus adalah sejak ia menyaksikan satu tayangan video horor berseri di salah satu channel Youtube. Awalnya ia biasa menontonnya, lalu mulai ikuti kisah yang ditayangkan secara live, hingga malam itu tiba-tiba ia kehilangan kesadaran," lanjut Monica.

Sebagai seorang aktivis gereja, Monica kemudian memanggil teman-temannya di lingkungan gereja dan mengajak Cecil ikuti ibadat pengusiran roh. Monica khawatir Cecil masih diganggu oleh kuasa kegelapan.

"Sore sehabis belajar, kami berdoa bersama. Sementara pagi sampai siang, Cecil sudah masuk sekolah kembali. Berangkat bersama saya. Lewat doa dan selalu ada yang menemaninya, Cecil bisa pulih kembali. Ia menemukan keberaniannya kembali," lanjut Monica.

Seminggu kemudian, ayah Cecil tiba di Magelang. Kondisi Cecil sudah membaik. Ia kembali tinggal di rumahnya bersama ayahnya. Usai mengetahui semuanya, ayah Cecil ternyata tidak mendiamkan mengenai keberadaan tayangan video horor berseri di Youtube yang ditonton Cecil.

"Sebelum ia berangkat lagi ke luar kota, ayahnya katanya sudah melaporkan ke pihak kepolisian tentang isi channel yang diduga mengandung unsur tidak baik dan membuat Cecil kehilangan kesadaran," pungkas Monica.

Sementara itu, Cecil yang terlihat sudah banyak senyum, kepda Netralnews.com lebih banyak mengiyakan atas kisah yang dialaminya dan dituturkan kembali oleh gurunya. Ia kini mengaku sangat berhati-hati dengan tayangan-tayangan video horor di Youtube.

"Dah kapok. Saya takut kehilangan kesadaran lagi. Takut hantu-hantu menggeruduk rumah saya. Apalagi saya sering sendirian di rumah," kata Cecil.

"Untung ada Ibu Monic. saya sangat berterima kasih banyak ama Ibu Monic. Kalau nggak ada beliau, bisa jadi saya mati ketakutan di rumah karena memang saya sempat tak merasakan apa-apa semenjak melihat banyak penampakan makhluk aneh di rumah saya," tandasnya.

Editor : Taat Ujianto