• News

  • Sisi Lain

Pocong Jelmaan Jin dan 10 Roh Lain yang Diduga Gentayangan di Google Maps

Penampakan pocong Kedungwaru Kidul di Google Maps
foto: google maps
Penampakan pocong Kedungwaru Kidul di Google Maps

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Di masyarakat Indonesia, keberadaan pocong seringkali menjadi polemik dan perdebatan tak ada ujungnya. Seperti tercermin di media sosial, sebagian orang meyakini bahwa pocong adalah penampakan arwah manusia yang telah meninggal.

Sementara lainnya menyangkal pendapat itu dengan dalil-dalil yang mereka miliki dan menyatakan bahwa pocong bukanlah arwah gentayangan tetapi merupakan penjelmaan jin. Hanya saja, apapun dan siapapun hakikat pocong, keduanya sama-sama tak memungkiri realita penampakan pocong.

Tak sedikit orang pernah melihatnya dan berusaha meyakinkan ke orang lain namun kadang mengalami kesulitan karena tak memiliki bukti. Sampai akhirnya beberapa orang berhasil merekamnya baik secara sengaja maupun tidak sengaja.

Dengan bukti-bukti hasil foto maupun video tersebut, barulah orang-orang yang meragukan penampakan pocong kemudian menjadi yakin.

Belum lama ini, pocong  bahkan merambah teknologi modern.  Entah bagaimana ceritanya, pocong akhirnya gentayangan di Google Maps yang mendadak viral dengan sebutan pocong di Kedungwaru Kidul, salah satu desa di Kabupaten Demak, Jawa Tengah.

Si pembuat gambar dalam Google Maps pun sudah sempat memberikan klarifikasi. Foto dalam Google Maps itu adalah unggahan seorang pengguna Google dengan akun Instragram bernama ARTBiZ360.

Dalam unggahannya, ia mengatakan foto yang viral itu diambilnya dua tahun lalu saat tengah ingin mengambil gambar Milky Way di malam hari. Postingan itu kemudian viral di Twitter pada tanggal 27 Juli 2019.

Penampakan pocong tersebut cukup unik karena fotonya berkonsep 360 yang artinya bisa diputar 360 derajat. Bila gambar diputar akan jelas terlihat sosok putih persis seperti pocong dengan mata merah menyala.

Bila dibuat zoom lebih besar, pocong itu bisa terlihat lebih jelas. Wajahnya memang tidak terlihat, tetapi dua matanya yang merah menyala dengan tubuhnya putih seperti berbalut kain kafan dengan ikatan di atas kepalanya sangat terlihat jelas. Kesan horor tak bisa dipungkiri.

Lalu sebenarnya, gambar apakah itu? Bila berdasar matanya yang menyala, maka dipastikan itu memang penampakan sosok makhluk. Entak makhluk pocong jadi-jadian (manusia mengenakan kostum seperti pocong) atau memang benar makhluk halus (bukan manusia).

Mengutip pendapat Ustaz Ammi Nur Baits (Dewan Pembina Konsultasisyariah.com), disebutkan bahwa, kalaupun penampakan dalam Google Maps itu benar adalah penampakan pocong (makhluk halus), maka Ustaz Ammi Nur Baits menyebutnya itu adalah perwujudan jin.

Ustaz Ammi  tiudak sependapat bahwa pocong adalah jelmaan dari roh orang meninggal, yang tali kafannya tidak dilepas ketika dimakamkan. Karena jelas ini keyakinan yang bertentangan dengan aqidah Islam.

Menurutnya, pocong adalah penjelmaan jin atau wujud jin yang menjelma dalam rupa pocong. Sebab, jin memang bisa menjelma menjadi makhluk yang lain, sehingga bisa terindra oleh manusia, baik dengan dilihat, didengar, atau diraba.

Sebagaimana kisah Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berhasil menangkap jin yang menjelma menjadi bentuk lain. Hal ini menjadi bukti bahwa jin memang bisa menjelma menjadi seperti anak kecil, berubah wujud menjadi wanita berambut panjang (kuntilanak), bahkan bisa berupa vampire hingga drakula.

Jenis perwujudan makhluk halus tersebut disesuaikan dengan lokasi budaya masyarakat setempat. Pocong tidak akan ditemukan di Eropa, sama halnya drakula tak akan ditemukan di Jawa. Namun, keduanya, menurut tafsir Ustaz Ammi Nur Bait, sebenarnya adalah perwujudan jin.

Merujuk pendapat Ustaz Ammi Nur Baits, maka bukti-bukti penampakan hantu gentayangan di Google Maps maka dapat disebut sebagai perwujudan jin.

Jenis-jenis penampakan makhluk misterius dalam Google Maps antara lain:

1. Boneka misterius

Satu desa bernama Nagoro di Jepang mendadak heboh dan viral karena penampakan desa tersebut di Google Maps menjadi daerah yang dihuni oleh ribuan boneka. Ternyata, jika ada penghuni desa tersebut meninggal, maka penduduk akan menggantikannya dengan satu boneka.

Hanya saja, desa itu menjadi terkesan horor karena kokon ada beberapa boneka yang disebut-sebut dapat berpindah-pindah tempat berdasarkan penampakan yang muncul di Google Maps.


2. Sosok misterius di balik pagar


3. Penampakan tiga orang transparan.

4. Penampakan sesosok bocah perempuan di kuburan

5. Sebuah penampakan sosok misterius di sebuah gedung.

6. Penampakan tiga pasang telapak tangan yang terlihat di jendela gedung.

7. Penampakan sesosok wanita berpakaian putih di sebuah gedung.

8. Tampak bayangan yang menyerupai sosok manusia di tembok rumah.

9. Penampakan sosok hitam yang terlihat terbang di sisi jalan.

10. Penampakan sosok wanita di jendela rumah.

Editor : Taat Ujianto