• News

  • Sisi Lain

Berburu Hantu di Ciwidey, Temukan Istana Jin dan Chevrolet Angker

Wisatawan sedang menikmati suasana Kawah Putih Ciwidey di Gunung Sepuh
foto: berlibur-yuk
Wisatawan sedang menikmati suasana Kawah Putih Ciwidey di Gunung Sepuh

BANDUNG, NETRALNEWS.COM – Anda sedang berlibur di Bandung? Apakah Anda juga penggemar wisata misteri? Jangan lewatkan dua objek berikut. Yang pertama merupakan wisata alam yang sudah terkenal sejak dahulu, sementara yang kedua, baru saja viral.

Salah satu objek wisata alam yang memesona di Bandung yang tidak boleh dilewatkan adalah dataran tinggi Bandung Selatan yang merupakan kawasan Gunung Patuha. Tempat ini memiliki keindahan alam yang sangat memukau.

Di kawasan inilah terdapat Danau Kawah Putih Ciwidey. Keunikan danau ini adalah airnya yang berwarna putih kehijauan, sangat kontras dengan batu kapur yang mengitari Danau Kawah Putih.

Lalu apa kaitannya dengan unsur misteri? Warga sekitar, meyakini bahwa Gunung Patuha merupakan gunung tertua di Jawa. Hal ini tercermin dari namanya, “patuha” artinya Pak Tua (Sepuh). Tak heran bila gunung ini disebut juga Gunung Sepuh.

Konon, dahulu masyarakat Bandung tak berani menginjakkan kaki ke tempat ini. Mengapa? Karena angker dan diliputi kekuatan gaib. Ada pula yang menyebut bahwa di tempat ini terdapat istana jin serta dihuni arwah para leluhur.

Dalam catatan sejarah, Gunung Patuha disebut-sebut pernah meletus pada Abad X. Akibat letusan tersebut, kawah (erater) di sebelah puncak bagian barat mengering. Letusan berikutnya terjadi  sekitar abad XII yakni di kawah yang ada di sebelah kiri dan menciptakan danau yang indah.

Keberadaan Gunung Sepuh pernah disebut-sebut oleh pelancong dari Belanda peranakan Jerman bernama Dr. Franz Wilhelm Junghuhn (1809-1864) pada 1837. Saat berkunjung, ia menyebutkan kawasan gunung sangat sunyi, tak seekor binatangpun melintasi daerah itu.


Karena penasaran, ia kemudian bertanya kepada warga setempat. Ia baru tahu bahwa gunung itu dipercaya warga merupakan tempat bersemayamnya arwah para leluhur dan pusat kerajaan bangsa jin. Oleh sebab itu, suasanya selalu sunyi dan warga tak berani berkunjung.

Mendengar penuturan tersebut, Junghuhn ternyata tidak takut. Ia justru kembali menjelajahiny. Begitu sampai di puncak, ia pun tertegun. Di hadapannya terhampar pemandangan yang indah tak terperikan.

Dari danau di puncak gunung keluar semburan lava serta aroma belerang yang menyengat. Ia menyimpulkan bahwa aroma belerang itulah yang menyebabkan binatang enggan menghuni kawasan tersebut.

Tak hanya itu, bisa jadi karena penjelajahan Junghuhn itulah, di kemudian hari dibangun pabrik belerang Kawah Putih dengan nama Zwavel Ontgining Kawah Putih. Di zaman Jepang, nama pabrik berubah menjadi Kawah Putih Kenzanka Yokoya Ciwidey.

Walau Junghuhn berusaha mengungkap misteri keangkeran gunung tersebut, namun kisah misteri dalam cerita warga setempat tetap beredar hingga kini.

Kisah itu diperkuat dengan keberadaan makam makam leluhur, diantaranya : Eyang Jaga Satru, Eyang Rangsa Sadana, Eyang Camat, Eyang Ngabai, Eyang Barabak, Eyang Baskom, dan Eyang Jambrong.

Di Gunung Patuha, terutama di Puncak Kapuk, diyakini merupakan tempat rapat para leluhur yang dipimpin oleh Eyang Jaga Satru.

Konon, warga setempat sesekali melihat penampakan gaib berupa sekumpulan domba berbulu putih (domba lukutan). Warga dipercaya itu merupakan penampakan roh para leluhur.


Objek “wisata” misteri yang bisa menjadi alternatif terkini (viral) adalah berupa penampakan mobil tua yang teronggok di sebuah garasi di daerah Ciwidey, Jawa Barat. Kisah mobil ini begitu misterius sejak diunggah oleh akun Facebook bernama Bobby Bobby di grup Sejara Transportasi.

Sesuai penuturan Bobby, sang pemilik mengaku sudah tidak berniat untuk memakai mobil tua tersebut. Hanya saja, mobil itu dibiarkan teronggok tak terawat.

Sang pemilik tidak mau menjualnya karena mobil iru dianggap sebagai cikal bakal angkutan umum di Ciwidey. Artinya, memiliki nilai sejarah yang sangat tinggi. Tetapi mengapa dibiarkan tak terawat? Bukankah semestinya pemerintah daerah tanggap terhadap benda bersejarh itu?

Konon, sang pemilik pernah mendapat penawaran dari banyak orang yang ingin membelinya dengan harga mahal. Semua penawaran ditolak oleh sang pemilik.

“Lama teronggok,tak di pakai tak di jual oleh pewaris empunya. Dijadikan kenangan oleh keluarga alm.pemiliknya. Ada sesajinya. Keramat mungkin ya," tulis akun Bobby Bobby.

Dari pernyataan dan foto yang diunggah Bobby, menarik ditelusuri mengapa mobil tua itu diberi sesaji berupa kelapa muda dan minuman kopi?

Tak heran bila unggahan Bobby membuat banjir komentar dari warganet. Banyak yang merasa merinding melihat penampakan mobil tersebut.

Salah satu akun bernama Raden Natakusumah di kolom komentar, ia menyebutkan sudah pernah menanyakan kepada pemilik. Pria ini menyebutkan kalau dulunya bapak pemilik mobil ini punya PO besar di kota Ciwidey.

Warganet lain berpendapat bahwa merk dari mobil itu diduga adalah jenis Chevrolet Thriftmaster. Ada kemiripan di beberapa bagian mobil berdasar foto penampakan di foto yang diunggah.

Warganet lain mengaku penasaran dengan kisah seseungguhnya di balik mobil yang terkesan misterius dan angker itu. Bahkan ada yang menulis, "Jangan di ganggu mbah, biarkan istrhat." Yang lain menulis, "Apa ada yg liat foto kedua ada kek orang brewok besar jelas banget."

Bagi Anda yang tertarik, dipersilakan untuk berburu kisah misteri di balik kedua objek wisata di atas. Yang pertama berburu istana jin dan yang kedua misteri penampakan mobil kuno jenis Chevrolet. Selamat berburu.

Editor : Taat Ujianto