• News

  • Sisi Lain

5 Perempuan Joget Kesurupan di Taman Langsat usai Tanya ‘Anda Beragama Islam‘?

Tangkapan layar  video kesaksian seorang indigo tentang situasi Taman Langsat
Netralnews/YC Kurniantoro-Tommy
Tangkapan layar video kesaksian seorang indigo tentang situasi Taman Langsat

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Hari Kamis, (17/10/2019), Netralnews berjalan-jalan menelusuri Taman Langsat yang berada di di Jalan Langsat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Lokasi taman ini secara persis berada di belakang Pasar Burung Barito.

Di taman seluas 3,6 hektar ini, ternyata menyimpan kisah misteri yang menyeramkan. Sebagian kisah misteri itu, sebenarnya sudah dikenal banyak orang. Akan tetapi, saat Netralnews bertemu dengan salah satu sesepuh setempat, ternyata jauh lebih mengerikan.

Di kalangan masyarakat umum, beredar kabar bahwa di taman ini, beberapa kali dijumpai penampakan sosok kuntilanak dan genderuwo. Ternyata tak hanya itu. Di taman ini ada tujuh sumur angker, istana dan gerbang gaib menuju dunia roh halus, hingga sosok pria tanpa kepala yang sering menampakkan diri.

“Saya pernah melihat sendiri, Mas. Ya, saya takutlah. Saya baru kerja di sini, kok melihat penampakan kepala mengerikan jalan sendiri. Untung teman saya memiliki kemampuan lebih, jadi saya tak diganggu,” tutur Nanda, seorang petugas keamanan Taman Langsat.

Pernyataan Nanda juga mendapat anggukan setuju sesama teman seprofesi yang sedang duduk di samping Nanda. Ia menegaskan bahwa di Taman ini, banyak pengunjung yang kerasukan. Untuk lebih mendalam, Netralnews disarankan untuk bertemu dengan Marworo, sesepuh setempat.

Kebetulan, nama yang disebut sedang melintas di pos sekuriti. Netralnews pun berhasil berbincang-bincang dengan sosok lelaki berusia sekitar 60-an tahun. Beliau sehari-hari bertugas menjadi penjaga area taman sejak tahun 1977.

“Jadi, area taman ini mulai dirintis di era Gubernur Ali Sadikin. Mulanya berupa rawa. Namanya rawa, selalu disukai sebagai tempat tinggal makhluk halus. Jadi sejak awal memang angker,” kata Marworo.

Menurut penuturannya, di sebelah ujung taman, dahulu ada tujuh sumur yang airnya jernih. Banyak orang akan berlama-lama mandi karena airnya menyegarkan. Saking asyiknya, bisa lupa pulang. Sayangnya, sumur yang konon saling terkait itu kemudian dikubur.

“Seiring pembangunan taman, tujuh sumur itu kemudian dikubur, tapi lokasinya saya masih hafal,” sambungnya.

Mengenai keangkeran Taman Langsat, seingat Marworo, salah satu penyebabnya adalah karena pernah ada kejadian seorang pegawai taman bunuh diri.

“Pegawai ini cekcok sama istrinya yang nakal. Mungkin karena sakit hati dan kecewa dengan istrinya, ia bunuh diri dengan menyayat lehernya sendiri di bangunan yang dulu seperti pura. Lehernya nyaris putus. Sejak itu, sering ada penampakan kepala berjalan. Saya sering melihatnya,”  kata Marworo.

“Kalau penampakan kuntilanak, mah sudah biasa. Terlalu sering, saya melihatnya,” imbuhnya.

Marworo juga menyatakan bahwa pusat berkumpulnya makhluk halus di taman ini berada di pohon karet kebo (Ficus elastica) besar di dalam taman. Sementara gerbang menuju istana gaib itu berada tak jauh dari aula taman.

“Di pohon karet kebo itu, ada juga genderuwo. Banyaklah roh halus yang menghuninya. Kalau, Anda nggak percaya, coba saja buat ulah. Nantang roh penunggu itu, nanti akan datang,” kata Marworo.

Ia juga mengisahkan bahwa belum lama ini, ada lima perempuan yang menegurnya dan tak percaya dengan penjelasan Marworo. Akibatnya pun fatal.

“Ada lima perempuan jalan-jalan. Padahal siang hari. Mereka saya sarankan hati-hati dan tidak sembrono tapi malah mengatakan, ‘Bapak beragama Islam bukan? Dalam Islam, tak ada roh gentayangan,’” kata Marworo menirukan perempuan itu.

Belum lama ditinggal, Marworo ternyata diberi kabar oleh seorang sekuriti bahwa semua perempuan itu mengalami kesurupan, tak jauh dari pohon karet kebo yang angker itu.

“Semuanya, lima-limanya kesurupan, joget-joget nggak karuan. Akhirnya harus saya sembuhkan. Setelah sembuh, barulah ia minta maaf dan mau percaya,” tandas Marworo.

Bukti lain dari keangkeran sekitar taman juga berada di salah satu saung yang tak jauh dari kantor taman. Dahulu, ketika akan digali, petugas penggali tak percaya ketika diberi saran agar sebaiknya diberi sesaji kopi dan rokok.

Akibatnya, mesin-mesin pengeruk mengalami kerusakan dan penggalian sempat gagal. Setelah mau mendengarkan saran Marworo, barulah proyek itu bisa lancar.

“Mau percaya atau tidak ya silakan. Namun dalam keyakinan saya, dan apa yang saya lihat, ya memang begitu adanya. Dalam Islam pun juga disebutkan tentang makhluk halus yakni setan dan jin,” pungkas Marworo.

Usai berbincang-bincang dengan Marworo, salah satu teman Netralnews yang merupakan seorang indigo, ternyata mampu melihat dan membenarkan apa yang dikisahkan Marworo. Kawan itu bernama Deri.

Kisah tentang penelusuran Taman Langsat bersama kawan indigo bisa disaksikan dalam video berikut. Berdasar apa yang dilihat Deri, terbukti bahwa di taman ini, terdapat gerbang gaib.  

 

Editor : Taat Ujianto