• News

  • Sisi Lain

Ngeri! Usai Banjir, Ada Hantu Perempuan Menampakkan Diri di Satu Bangsal RSCM

Kondisi salah satu lorong RSCM saat tergenang banjir
foto: istimewa
Kondisi salah satu lorong RSCM saat tergenang banjir

JAKARTA, NETRALNEWS.COM – Selasa (25/2/2020), RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) tergenang banjir. Kejadian tersebut sempat viral di media sosial mengingat jarang sekali terjadi RSCM sampai kebanjiran.

Menurut informasi seorang kerabat pasien yang sempat menginap di RSCM, sejumlah ruangan memang benar tergenang genangan air.

Pihak RSCM menyebut drainase sebagai salah satu faktor penyebab banjir. Pompa air yang tersedia tidak bisa mengantisipasi curah hujan yang sangat tinggi.

"Selama ini kita belum pernah mengalami curah yang sedemikian besar sehingga apa yang kami miliki ternyata dengan kondisi luar biasa tadi malam itu tidak cukup. Meskipun kami sudah siaga empat pompa," kata Direktur Utama RSCM, dr Lies Dina Liastuti.

Selama banjir melanda RSCM, ternyata ada yang masih tersisa dari pengakuan seorang warga Jakarta yang bernama Zaenal (42). Saat banjir terjadi, Zaenal sedang menunggu keponakannya yang rawat inap di salah satu bangsal karena mengidap DBD.

Hari itu, ia tahu RSCM sedang menjadi sorotan karena tergenang banjir. Malam harinya, terjadilah peristiwa yang tak dinyana. Ia mengaku melihat penampakan sesosok perempuan melayang sekejap di samping bangsal.

“Percaya atau tidak terserah, tapi itulah yang  saya lihat. Bajunya putih, rambutnya panjang jelas sekali melayang dan bergerak memunggungi saya,” tutur Zaenal kepada Netralnews, Kamis (27/2/2020) di rumahnya, Kayu Manis, Matraman, Jakarta Timur.

Zaenal sempat terpaku namun setelah itu, ia baca doa yang diyakini bisa menjauhkan dari gangguan roh halus.

“Ya, saya hanya bisa berdoa. Saya bacakan Ayat Suci Alquran dalam hati, setelah itu saya tak diganggu lagi,” lanjut Zaenal yang sempat mengaku menyesal karena tidak sempat merekam kejadian penampakan itu dengan HP yang dimilikinya.

Dua hari berikutnya, keponakannya sudah sembuh. Ia pun pulang bersama keponakannya dan hingga kini mengaku tak tahu apa arti dari penampakan tersebut.

Kisah angker mengenai RSCM, sebenarnya sudah sangat sering dikisahkan oleh berbagai saksi mata. Rumah sakit yang dibuka tahun 1919 ini jelas memiliki banyak cerita mengingat usianya yang sudah sangat tua.

Ada saksi yang konon melihat penampakan suara-suara aneh, teriakan, erangan, namun saat didekati tak ditemukan sumber suara.  Dan entah mengapa, banyak saksi melihat penampakan sosok hantu perempuan.

Mungkinkah RSCM dihuni oleh arwah perempuan-perempuan penasaran? Atau jangan-jangan di banyak jin menghuni RSCM? Sayang, hal seperti itu sulit dibuktikan dan hanya tinggal ceriita yang sulit dihapuskan dalam khasanah pergaulan warga Jakarta.

Editor : Taat Ujianto