• News

  • Sisi Lain

Cerita Angker dari Taman Langsat

Gapura Taman Langsat (Istimewa)
Gapura Taman Langsat (Istimewa)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jakarta adalah kota metropolitan yang paling didambakan semua orang untuk tinggal di sini. Siang dan malam, gemerlapnya tak pernah padam. Namun, di balik gemelangnya Jakarta, ada sisi lain dari kehidupan yang diyakini kebenarannya.

Segudang misteri tersimpan di Jakarta. Ada segudang tempat yang ditakuti, namun menjadi inspirasi banyak orang untuk mengolah cerita. Taman Langsat, di daerah Kramat Pela, Jakarta Selatan, salah satunya.

Luas Taman ini kurang lebih 3,5 hektar. Lokasinya mudah dicapai dari terminal blok M maupun pasar mayestik. Sebenarnya, taman ini merupakan fasilitas olah raga dan bersantai yang cukup lengkap. Di dalamnya tumbuh pepohonan yang asri.

Banyak pohon-pohon tua yang tumbuh di sini. Salah satunya, pohon beringin yang besar yang telah berusia ratusan tahun. Taman ini ada danau kecil yang dilengkapi dengan bunga-bunga teratai. Ada juga sebuah aula, ruang serba guna yang kerap dimanfaat untuk berbagai acara.

Sayangnya, tidak banyak orang yang memanfaatkan fasilitas ini. Meski pemerintah setempat telah memperluas area taman bahkan menghubungkannya dengan Taman Ayodya, tetap saja sedikit sekali minat masyarakat untuk mendatangi taman ini.

Mengapa? Ini karena, taman yang letaknya tersembunyi di belakang Pasar Burung Barito  terkenal sebagai salah satu tempat paling angker di Jakarta. Di tempat ini ternyata menyimpan sejuta misteri yang menakutkan. Aura menyeramkan Taman Langsat mulai terasa ketika malam hari.

Dari berbagai cerita, taman ini dihuni oleh banyak makhluk gaib atau yang lebih sering kita sebut dengan hantu. Salah seorang paranormal ternama yang saat ini telah “pensiun” Ki Joko Bodo  membenarkan semua cerita-cerita mistis tentang hantu yang banyak beredar di masyarakat, Ki Joko juga berpesan kepada semua pengunjung Taman Langsat agar tidak melakukan tindakan yang aneh di taman ini karena di tempat tersebut memiliki energi supranatural yang sangat dahsyat.

Masyarakat sekitar  sering melihat penampakan makhluk gaib seperti kuntilanak, gandaruwo dan pocong di taman ini. Cerita Ken (32), warga Jalan Melawai 3 tak berani melewati taman itu, karena pernah melihat sosok tinggi besar bermata merah menghadang mobilnya persis di pintu gerbang Taman Langsat.

Di Taman Langsat, kisah hantu dan orang-orang yang kesurupan bukan lagi cerita baru. Setidaknya, para pedagang yang berada di depan kuburan Barito tak jauh dari Taman Langsat, kerap menyaksikan orang-orang kesurupan. Salah satu, penjaga di sana, bahkan sudah terbiasa mencium aroma wewangian yang tiba-tiba muncul dan mendengar suara-suara tertawa yang tak jelas sumbernya.

Begitu seramnya Taman Langsat, rumah Produksi K2K Production pernah  mengangkat mitos dan kisah misteri yang selama ini menjadi buah bibir di kalangan masyarakat.

Editor : Wulandari Saptono