• News

  • Sisi Lain

Pernah Dengar Kereta Hantu? Ini Pengakuan Saksi Matanya

Ilustrasi kereta lama. (Netralnews/YC Kurniantoro)
Ilustrasi kereta lama. (Netralnews/YC Kurniantoro)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Bagi masyarakat yang tinggal di Jakarta, Bogor, dan sekitarnya, terutama warga yang menjadi pelanggan KRL Commuter Line Jakarta-Bogor, mungkin sudah tak asing dengan kisah tentang 'kereta hantu Manggarai'.

Banyak versi yang beredar tentang kisah ini, mulai dari kereta yang menghilang sendiri, kereta yang melaju tanpa penumpang dan masinis, hingga kereta yang melaju di luar jadwal yang sudah ditentukan.

Sutrisno, seorang petugas penjaga pintu perlintasan kereta di kawasan Bukit Duri, Jakarta Selatan, merupakan salah satu saksi dari kereta yang melaju di luar jadwal biasanya.

Peristiwa yang dialaminya sekitar pertengahan 2015 itu terjadi saat dirinya bertugas shift malam. Saat itu ia dikagetkan dengan suara sirine pintu perlintasan yang tiba-tiba berbunyi sendiri, yang menandakan akan ada kereta api yang melintas.

Sutrisno merasa aneh, karena saat itu masih menunjukkan pukul 4.00 WIB. Waktu di mana belum ada kereta api yang melintas di kawasan itu. Kereta baru mulai diberangkatkan dari stasiun awal pada pukul 5.00 WIB.

Belum habis rasa herannya, tiba-tiba sebuah rangkaian kereta dari arah Bogor melaju di depan Sutrisno. Ia pun sempat melihat, rangkaian yang terdiri dari empat gerbong itu, tak tampak seorang pun terlihat di dalamnya, baik penumpang maupun masinis. Semua gerbong pun dalam kondisi gelap, padahal menurut prosedur standarnya lampu kabin harus menyala ketika kereta berjalan dalam keadaan gelap atau malam hari.

Bahkan, hal yang paling aneh adalah kereta tersebut bejalan tanpa pasokan aliran listrik sama sekali.

Editor : Y.C Kurniantoro

Apa Reaksi Anda?