• News

  • Sisi Lain

TPU Jeruk Purut yang Terkenal dengan "Penunggunya"

TPU Jeruk Purut (kaskus)
TPU Jeruk Purut (kaskus)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Taman Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, cukup terkenal dengan kisah misterinya. Mungkin Anda juga pernah mendengar kisah-kisah misteri di TPU tersebut, mulai dari keberadaan kuntilanak, arwah penasaran, dan yang terkenal adalah pastor tanpa kepala.

Area pemakaman yang luasnya lebih dari 9 hektare itu, selain dikenal sebagai pemakaman luas juga dikenal sebagai tempat paling seram di Jakarta. Bukan hanya karena keadaannya yang sepi, namun karena banyaknya kisah penampakan yang sering terjadi di lokasi tersebut.

Berikut ini "penunggu' TPU Jeruk Purut yang konon sering menampakan diri.

1. Pastor Tanpa Kepala
Berdasarkan penuturan juru kunci di TPU Jeruk Purut, hantu pastor tanpa kepala sangat identik dengan mitos yang melekat di tempat ini. Konon hantu ini sering bergentayangan untuk mencari kepalanya yang hilang. Juru kunci yang bernama Pak Eko atau yang akrab dipanggil Babe, menceritakan sejarah kelam dan sedih tentang pastor ini.

Menurut Babe, dulu ada seorang gadis cantik dan banyak disukai para pria. Namun sebenarnya dia hanya menyukai seorang pria yang telah dijalin hubungannya, meskipun hubungan itu harus dijalani jarak jauh.

Suatu hari ada seorang pria yang hendak mengawininya namun dia menolaknya. Akhirnya pria tersebut berusaha memperkosa wanita malang itu. Ternyata, hal itu diketahui seorang pastor yang kebetulan mendengar teriakan wanita itu. Karena takut dan kalap, pria itu membunuh pastor dan wanita tersebut. Setelah mengetahui bahwa pastor itu orang Belanda, pria itu pun memenggal kepala pastor itu, karena benci dengan orang Belanda yang kala itu menjajah Indonesia. Pria itu pun menguburkan jenazah pastor dan wanita itu di Jeruk Purut. Sejak itu, konon setiap malam hantu pastor itu gentayangan mencari kepalanya.

2. Kuntilanak Pohon Benda
Di kawasan TPU Jeruk Purut, ada sebuah pohon yang konon dapat memancarkan energi tertentu yang membuat orang yang ada di sekitarnya merasa takut, hilang ingatan, ataupun sakit. Biasanya menyerang wanita yang sedang tidak suci (haid) atau orang yang hendak berbuat mesum. Hal itu ditambah dengan kehadiran dua kuntilanak yang sering bergelayutan di pohon itu.

Menurut Pak Eko, kuntilanak itu dulunya adalah wanita yang gantung diri di pohon tersebut, sedangkan kuntilanak satu lagi tak jelas dari mana asalnya. Namun yang pasti, menurut Pak Eko, jangan coba-coba berbuat mesum, main judi, dan hal-hal negatif lainnya di sekitar pohon itu.

3. Genderuwo
Menurut penuturan seorang penjaga makam di TPU tersebut, ada sosok hantu bertubuh tinggi besar dan berbulu lebat di sekujur tubuhnya. Ia pun mengaku pernah melihatnya.
Dari apa yang dilihatnya tersebut, ia menyakini, sosok tersebut adalah genderuwo yang memang menyukai tempat-tempat sepi, seperti pemakaman, hutan, rumah kosong, dan lainnya.

4. Jin Penunggu Makam Keramat
Di kompelek TPU Jeruk Purut terdapat makam tua yang dianggap keramat oleh warga sekitar. Bahkan, banyak orang datang ke tempat itu, baik yang sekadar berziarah maupun meminta peruntungan. Menurut penuturan sejumlah orang, jin di tempat itu berwujud ular dengan kepala manusia. Namun ada juga yang mengatakan jin itu berwujud seperti ulama zaman dulu. Namun, konon tidak semua orang bisa bertemu dengannya.

Selain itu, TPU Jeruk Purut juga menjadi lokasi wisata mistis pada malam hari. Bahkan, menurut Babe, para 'wisatawan' itu juga datang untuk mencari mustika. Benda mustika yang sering dicari itu, menurut Babe, merupakan benda-benda yang diyakini mempunyai kekuatan gaib, seperti batu, cincin, atau keris.

Penulis : Albert Wang
Editor : Y.C Kurniantoro