• News

  • Tekno

Gerakan 1.000 Startup Digital Dimulai

Ilustrasi Startup (Istimewa)
Ilustrasi Startup (Istimewa)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - "Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital" telah resmi dimulai sejak 17 Juni 2016 lalu. Saat ini, dimulai dengan tahapan pembuka berupa seminar dengan menghadirkan beberapa pembicara yang sudah mumpuni di bidang teknologi, kreatif, maupun startup.

"Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital" sendiri merupakan inisiatif dari Kementerian Komunikasi dan Informatika serta KIBAR, yang menjadi solusi atas berbagai masalah dengan memanfaatkan teknologi digital.

"Untuk melahirkan 1.000 startup digital, strategi yang dijalankan adalah dengan mentoring dan pembinaan intensif di 10 kota pertama yang miliki infrastruktur serta fondasi digital yang kuat," papar Chief Executive KIBAR, Yansen Kamto, di Jakarta, Sabtu (30/7).

Kegiatan pertama digelar di Kampus Trisakti Jakarta yang diikuti oleh 200 peserta terpilih. Mereka berhasil tersaring dari 4.000 orang yang telah mendaftar secara online.

Selanjutnya akan digelar di Surabaya dan Yogyakarta dengan proses seleksi yang sama.

‪Untuk melahirkan 1.000 startup digital, setelah ignition yang menargetkan 4.000 peserta setiap tahunnya, 2.000 peserta yang terjaring dari tahap tersebut berhak mengikuti tahap workshop untuk diberikan pembekalan keahlian yang dibutuhkan dalam membuat sebuah startup digital.‬

‪Berbekal ilmu dari workshop tersebut, 1.000 peserta akan melanjutkan ke tahap hackathon untuk menghasilkan prototipe produk dari ide solusi aplikasi.

Setelah itu, 500 peserta akan memasuki tahap bootcamp, yang merupakan sesi mentoring mendalam untuk menyiapkan strategi peluncuran produk. 

Terakhir, 200 peserta terpilih akan diinkubasi selama kurang lebih tiga bulan, sehingga dalam waktu lima tahun akan tercipta 1.000 startup digital.

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Firman Qusnulyakin