• News

  • Tekno

Pendiri Tokopedia Bagi Tips Bangun Startup Digital

Ilustrasi Startup Digital (ncmborz.com)
Ilustrasi Startup Digital (ncmborz.com)

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Tahapan pertama dari "Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital", Co-Founder Tokopedia, Leontinus Alpha Edison beri strategi membangun sebuah startup digital.

Menurut Leo, sapaan akrabnya, yang perlu dilakukan pertama kali adalah identifikasi masalah-masalah yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, masalah tersebut harus bisa diubah menjadi peluang bisnis.

"Kita harus bantu orang untuk cari solusi atas permasalahan mereka. Masalah-masalah ini bisa menjadi langkah awal kita untuk mulai membangun startup," kata Leo di sesi panel pertama seminar yang digelar di Kampus Trisakti, Jakarta, Sabtu (30/7/2016).

Selain itu Leo juga tekankan pentingnya berkolaborasi, tidak bekerja sendiri-sendiri. Hal penting selanjutnya adalah tidak menutup diri dengan perubahan yang terjadi.

"Tahun ini, Tokopedia sudah berusia tujuh tahun. Dalam perjalanannya itu, kita banyak merenung karena ada idealisme yang ternyata sudah tidak valid lagi pada masa sekarang. Artinya kita tidak boleh takut dengan perubahan-perubahan yang terjadi," ujar Leo.

Perasaan takut mencoba juga harus dihilangkan oleh orang-orang yang ingin membangun startup. Karena walau pun nantinya mengalami kegagalan, akan ada proses belajar yang bisa didapatkan.

"Tapi jangan asal mencoba juga, harus banyak-banyak bertanya dengan mentor yang sudah berpengalaman. Makanya Gerakan Nasional 1.000 Startup Digital ini sangat bagus karena bisa mempertemukan peserta dengan para mentor yang sudah mumpuni di bidang teknologi, kreatif, maupun startup," pungkasnya.

 

Reporter : Vito Adhityahadi
Editor : Firman Qusnulyakin