• News

  • Tekno

Snapchat Luncurkan Platform Permainan Multiplayer Sendiri

Ilustrasi Snapchat
dok.Socialbakers
Ilustrasi Snapchat

LOS ANGELES, NETRALNEWS.COM -- Aplikasi perpesanan Snapchat, yang sangat populer di kalangan pengguna yang lebih muda tetapi telah berjuang untuk menghasilkan keuntungan sejak penciptaannya pada tahun 2011, pada Kamis (4/4/2019) meluncurkan fitur-fitur baru termasuk platform game terintegrasi, perluasan seri asli dan baru kemitraan dengan pengembang.

"Persahabatan lebih dari sekadar hal-hal yang Anda obrolkan," kata Will Wu, direktur produk di Snapchat saat ia meluncurkan Snap Games di Partner Summit di Los Angeles untuk menyoroti fitur-fitur baru bagi pembuat dan pengembang aplikasi.

"Persahabatan juga tentang pengalaman yang kamu miliki bersama."

Enam game yang dibuat untuk Snapchat, termasuk "Bitmoji Party," "Alphabear Hustle" dan "Zombie Rescue Squad," akan menjadi bagian dari industri game global dengan pendapatan mencapai US $ 77 miliar tahun lalu, kata Wu.

"Kami ingin membangun sesuatu yang membuat kami merasa seperti kami bermain papan bersama keluarga selama liburan panjang akhir pekan, sesuatu yang membuat kami merasa seperti kami duduk bersama teman-teman, dengan pengontrol di tangan," katanya dikutip dari channelnewsasia.

"Sayangnya, game-game ini sulit ditemukan di ponsel (...) sulit untuk membuat semua orang menginstal game yang sama, dan sulit untuk mengobrol."

Keenam game tersebut akan dapat diakses langsung dari fitur perpesanan populer Snapchat, yang menawarkan kemungkinan kepada pengguna untuk bermain sambil bertukar pesan.

"Bitmoji Party," dikembangkan oleh Snapchat parent Snap dan terinspirasi oleh Nintendo "Wii Party," misalnya fitur pemain, dihidupkan dengan 3D Bitmojis, karena mereka bersaing di empat mini-game yang bergerak cepat.

"Anda dapat meluncurkan Bitmoji Party langsung dari bilah obrolan, memungkinkan Anda dan teman Anda untuk langsung bermain bersama, tidak perlu menginstal," kata Wu.

"Alphabear Hustle" digambarkan sebagai permainan kata yang bergerak cepat di mana para pemain bekerja sama untuk mengeja kata, mengumpulkan beruang lucu dan membangun desa beruang pribadi mereka sendiri.

"Zombie Rescue Squad" berurusan dengan kiamat zombie yang menyerukan pemain untuk "menyelamatkan korban dari gerombolan yang kelaparan dan mengumpulkan sebanyak mungkin persediaan yang Anda bisa.

"Tapi jika kamu ketinggalan helikopter sampai selamat, kamu akan tertinggal!"

Sementara itu, mitra pengembang luar dari game-game ini akan dapat menghasilkan uang melalui iklan video.

Snapchat memiliki hampir 190 juta pengguna aktif harian tetapi telah berjuang untuk meningkatkan pendapatan dari pengguna muda. Ini telah kehilangan uang setiap tahun sejak diluncurkan pada 2011 dan bahkan mengatakan mungkin tidak pernah menghasilkan keuntungan.

"Di Amerika Serikat, Snapchat mencapai hampir 75 persen orang antara usia 13 dan 34, dan 90 persen di antara usia 13 dan 24," kata Evan Spiegel, kepala Snapchat.

"Faktanya, kami mencapai lebih dari 13-24 tahun daripada Facebook atau Instagram di Amerika Serikat, Inggris, Prancis, Kanada dan Australia," tandasnya.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya