• News

  • Tekno

Menag dan Menkominfo Bahas Rencana Kerjasama dengan Arab Terkait Unicorn

Menag dan Menkominfo bahas rencana kerjasama dengan Arab terkait Unicorn.
Netralnews/Adiel
Menag dan Menkominfo bahas rencana kerjasama dengan Arab terkait Unicorn.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin menerima kunjungan Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara. Kedua belah pihak membahas rencana kerja sama Indonesia dengan Pemerintah Arab Saudi dalam industri rintisan atau perusahaan rintisan yang akrab disebut Unicorn.

Menkominfo Rudiantara mengatakan kerja sama Unicorn antara Indonesia dan Pemerintah Arab Saudi yang saat ini dalam proses tindak lanjut itu tidak bisa lepas dari keberadaan Kementerian Agama (Kemenag). Menurutnya Saudi Arabia sangat tertarik menjalin kerja sama dengan Indonesia yang memiliki perkembangan dunia digital seperti Unicorn.

"Saudi Arabia punya duit tapi tidak punya Unicorn. Timbul pemikiran kita membuat aplikasi dan mereka yang menjalankan. Misalnya aplikasi yang berkaitan dengan umrah tanpa menghilangkan aplikasi umrah Kemenag," ujar Rudiantara, dilansir dari laman Kemenag, Selasa (7/5/2019).

Menurut Rudiantara, aplikasi dan Sumber Daya Manusia (SDM) akan berasal dari Indonesia, mulai dari perencanaan, pendanaan sampai ke kepulangan ke tanah air. Sehingga jemaah tidak perlu lagi membawa barang bawaan, sebab sudah duluan sampai ke rumah lewat sebuah aplikasi.

Menurut Rudiantara rencananya dalam waktu dekat pihaknya akan menandatangani MoU antara Kemenkominfo Indonesia dengan Kemenkominfo Arab Saudi.

"Saya bilang saya harus koordinasi dulu dengan Menteri Agama karena soal umrah regulatornya adalah Kementerian Agama. Jadi pada saat MoU nanti kita minta didampingi oleh Kementerian Agama," kata Menteri Rudi.

Menurut Menteri Rudi, saat ini pemeritah Arab Saudi sedang senang-senangnya dengan Indonesia yang memiliki empat Unicorn. "Mereka ingin seperti Indonesia, jadi mereka mau minta bantu," tutur Rudiantara.

Menag pun menyambut baik rencana kerja sama Unicorn yang digagas Kemenkominfo dan meminta Direktur Bina Umrah dan Haji Khusus Arfi Hatim untuk menindaklajuti bersama pihak Kemenkominfo.

Reporter : Martina Rosa Dwi Lestari
Editor : Sulha Handayani