• News

  • Tekno

Begini Cara Mudah Memeriksa Kekuatan Sinyal Wi-Fi

Ilustrasi Wi-Fi
dok.techobserver
Ilustrasi Wi-Fi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Pernahkah Anda mengalami jaringan internet melambat? Atau laman web terlalu lama untuk dimuat? Pastinya Anda akan menyalahkan koneksi jaringan Wi-Fi Anda.

Mungkin Anda terlalu jauh dari sumbernya, atau dinding tebal menghalangi sinyal. Berikut cara memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi Anda dengan tepat.

Mengapa kekuatan sinyal Wi-Fi itu penting

Sinyal Wi-Fi yang lebih kuat berarti koneksi yang lebih andal. Inilah yang memungkinkan Anda untuk mengambil keuntungan penuh dari kecepatan internet yang tersedia untuk Anda. Kekuatan sinyal Wi-Fi tergantung pada berbagai faktor, seperti seberapa jauh Anda dari router, apakah itu koneksi 2,4 atau 5 GHz,  dan atau bagaimana kondisi dinding di sekitar Anda.

Dilansir dari howtogeek, semakin dekat Anda dengan router, pastinya jaringan Anda semakin baik. Sementara koneksi 2,4 GHz disiarkan lebih lanjut, mereka mungkin memiliki masalah interferensi. Dinding yang lebih tebal terbuat dari bahan yang lebih padat (seperti beton) akan memblokir sinyal Wi-Fi. Sinyal yang lebih lemah, di sisi lain, menyebabkan kecepatan yang lebih lambat, putus, dan (dalam beberapa kasus) pemutusan total.

Tidak setiap masalah koneksi adalah hasil dari kekuatan sinyal yang lemah. Jika internet di tablet atau ponsel Anda tampak lambat, mulailah dengan me-reboot router Anda jika Anda memiliki akses ke sana.

Jika masalah tetap ada, langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah Wi-Fi Anda bermasalah. Coba gunakan internet dengan perangkat yang terhubung melalui ethernet.

Jika Anda masih memiliki masalah, jaringan adalah masalahnya. Jika koneksi ethernet baik-baik saja dan reset router tidak membantu, maka sudah waktunya untuk memeriksa kekuatan sinyal.

Lantas bagaimana memeriksa kekuatan Wi-Fi?

Bilah atas layar Android, menampilkan simbol Wi-Fi, masa pakai baterai, dan pemberitahuan lainnya.

Untuk memeriksa kekuatan Wi-Fi Anda, hal pertama yang harus dilakukan adalah melihat pada perangkat Anda apakah mengalami masalah atau tidak. Baik itu menggunakan iOS, Android, Mac, atau Windows, Anda harus memiliki indikator koneksi Wi-Fi.

Biasanya, empat atau lima garis lengkung membentuk simbol Wi-Fi, dan semakin banyak yang diisi, semakin kuat koneksi.

Setiap ponsel, tablet, dan laptop berbeda dan dapat menunjukkan kekuatan Wi-Fi yang berbeda. Tetapi perlu berkonsultasi dengan perangkat kedua, atau bahkan ketiga.

Jika Anda memeriksa ponsel, pertimbangkan untuk menguji tablet juga. Bandingkan kinerja internet di kedua perangkat dan lihat apa yang ditampilkannya untuk kekuatan Wi-Fi. Jika Anda memiliki hasil yang serupa dengan keduanya, Anda memiliki garis dasar yang sangat baik untuk digunakan.

Jika Anda telah menentukan koneksi Wi-Fi Anda lemah di tempat tertentu, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah berkeliling dan memperhatikan bilah Wi-Fi di ponsel cerdas atau tablet Anda. Melacak seberapa jauh Anda dari router, dan berapa banyak dinding yang ada di antara Anda.

Perhatikan kapan bilah Wi-Fi Anda naik dan turun. Ini adalah pemeriksaan yang belum sempurna, tetapi untuk sebagian besar kasus, ini sudah cukup.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya