• News

  • Tekno

Wajib Baca! YouTube Permudah Kreator Video untuk Dapatkan Uang Banyak

Ilustrasi
dok.socialbarrel
Ilustrasi

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Di acara VidCon di Anaheim, California, YouTube mengumumkan bahwa pihaknya meluncurkan lebih banyak cara bagi pembuat video atau sering disebut YouTuber untuk para penggemar dan untuk menghasilkan pendapatan yang lebih banyak.

Fitur baru termasuk lebih banyak opsi berlangganan, mitra barang dagangan tambahan, dan berbagai cara untuk menerima kiat selama siaran langsung.

Dilansir dari laman technobserver, Chief product officer YouTube, Neal Mohan mengatakan bahwa monetisasi langsung telah mulai mendatangkan uang untuk ribuan saluran.

Tahun lalu, YouTube menggunakan acara itu untuk meluncurkan produk baru seperti keanggotaan saluran, rak barang dagangan, pemutaran perdana dan banyak lagi.

Kali ini perusahaan telah memutuskan untuk memperluas beberapa opsi yang ada dengan fitur baru. Juga, untuk memperkenalkan produk-produk baru seperti Super Stickers dan Learning Playlists-yang bertujuan untuk mempromosikan penggunaan pendidikan YouTube.

Sementara itu, Super Sticker dimaksudkan untuk melengkapi alat monetisasi yang ada, yakni Super Chat.

Diketahui, Super Chat memungkinkan penggemar membayar untuk membuat pesan mereka menonjol selama streaming berlangsung atau pemutaran perdana YouTuber.

YouTube mengatakan Super Chat sekarang merupakan aliran pendapatan No.1 di hampir 20.000 saluran, peningkatan 65 persen dari tahun ke tahun. Lebih dari 90.000 saluran telah menggunakan Super Chat hingga saat ini, dengan beberapa menghasilkan lebih dari $400 per menit, semua berkat fitur canggih tersebut.

Selain itu, tak kalah serunya, YouTube memperkenalkan Super Stickers yang akan diluncurkan dalam beberapa bulan ke depan. Penggemar akan dapat membeli stiker animasi baru ini saat siaran langsung dan pemutaran perdana untuk menunjukkan kepada para pembuat konten betapa mereka menyukai konten mereka.

Ide untuk stiker super ini (mungkin) terinspirasi oleh situs game Twitch's Bits emotesand cheermotes. Ini juga membawa stiker animasi ke obrolan sebagai cara mendukung pembuat video.

Stiker super YouTube pasti akan memiliki tampilan dan nuansa yang berbeda. Pastinya, akan ditawarkan dalam berbagai bahasa dan kategori termasuk permainan, mode, kecantikan, olahraga, musik, makanan, dan lainnya.

Tahun lalu di VidCon, YouTube juga memperkenalkan Keanggotaan Saluran yang merupakan perluasan dari model “Sponsorship” yang mirip Twitch sebelumnya.

Di sini penggemar dapat membayar langganan untuk mendapatkan akses ke fitur-fitur khusus yang terkait dengan saluran favorit.

Saat ini, penggemar dapat memilih untuk membayar berlangganan Keanggotaan Saluran sebesar $4,99 untuk mendapatkan badge (lencana) unik, emoji baru, dan fasilitas khusus lainnya seperti akses ke streaming langsung secara eksklusif, video tambahan, atau teriakan.

Tetapi pada acara baru-baru ini, YouTube memperkenalkan perubahan yang banyak diminta untuk keanggotaan: yakni level.

Namun, pembuat level akan menyiapkan lima poin harga yang berbeda untuk keanggotaan, masing-masing dengan tunjangan mereka sendiri. Fitur ini telah diuji oleh YouTubers terpilih termasuk Fine Brothers Entertainment di saluran REACT mereka.

Hasilnya justru mengejutkan, pendapatan keanggotaan saluran YouTube meningkat 6x setelah mereka meluncurkan dua tingkatan harga yang lebih mahal. Tidak lupa untuk menyebutkan, fitur rak perusahaan Merch juga diluncurkan tahun lalu di VidCon.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya