• News

  • Tekno

Cara Jitu untuk Memeriksa Kekuatan Wi-Fi di Rumah Anda

Ilustrasi kekuatan wi-fi di dalam rumah
dok.linksys
Ilustrasi kekuatan wi-fi di dalam rumah

JAKARTA, NETRALNEWS.COM -- Jika Anda ingin menggali lebih dalam kekuatan Wi-Fi Anda, Anda harus menggunakan sebuah aplikasi atau program (seperti aplikasi AirPort Utility atau Wi-Fi Analyzer) untuk mengukur desibelnya relatif terhadap miliwatt (dBm).

Anda dapat mengukur sinyal Wi-Fi dengan berbagai cara. Pengukuran paling akurat adalah miliwatt (mW), tetapi juga paling sulit dibaca karena jumlah tempatnya diatur secara desimal (0,0001 mW).

Received Signal Strength Indicator (RSSI) adalah pilihan lain, tetapi vendor Wi-Fi menanganinya secara tidak konsisten dan dengan skala yang bervariasi. Desibel relatif terhadap miliwatt (dBm) menghindari masalah ini, dan banyak produsen yang mengonversi RSSI ke dBm.

Dilansir dari laman howtogeek, hal pertama yang harus diketahui adalah pengukuran dBm yang akan ditampilkan dalam angka negatif. Skala berjalan dari -30 hingga -90.

Jika Anda melihat -30, Anda memiliki "koneksi sempurna," dan kemungkinan, Anda sedang berdiri di sebelah router Wi-Fi.

Namun, jika Anda menemukan sinyal Wi-Fi yang terdaftar di angka -90, pastilah layanan ini sangat lemah sehingga Anda mungkin tidak dapat terhubung ke jaringan itu.

Koneksi yang sangat baik adalah sekitar angka -50 dBm, sementara -60 dBm kemungkinan cukup bagus untuk streaming, menangani panggilan suara, dan yang lainnya.

Untuk mengukur kekuatan sinyal Wi-Fi di ponsel atau tablet Anda, Anda dapat menggunakan Airport Utility App untuk iPhone dan iPad, atau Wi-Fi Analyzer untuk Android. Keduanya mudah digunakan dan menunjukkan hasil untuk jaringan nirkabel di wilayah Anda.

Untuk pengguna iPhone, Airport Utility App memang mengharuskan Anda untuk masuk ke pengaturan perangkat Anda dan menyalakan pemindai Wi-Fi. Buka saja pengaturan iPhone atau iPad Anda (bukan pengaturan aplikasi), ketuk Utilitas Airport di daftar pengaturan, lalu matikan Wi-Fi Scanner. Sekarang, kembali ke aplikasi Airport Utility dan mulai memindai. Anda akan melihat pengukuran dBm dinyatakan sebagai RSSI.

Sementara, untuk pengguna Android, Wi-Fi Analyzer adalah langkah yang lebih mudah. Buka aplikasi dan cari jaringan yang ditemukan. Setiap entri akan terdaftar kekuatan sebagai dBm.

Penganalisa Wi-Fi Android dan Airport Utility App untuk iOS menunjukkan kekuatan sinyal Wi-Fi

Sedangkan di Windows 10 tidak memiliki cara built-in untuk melihat kekuatan sinyal yang tepat, meskipun perintah antarmuka netsh wlan memberi Anda kekuatan sinyal Anda sebagai persentase.

Di masa lalu, Anda bisa menggunakan WifiInfoView NirSoft untuk memeriksa saluran Wi-Fi, dan itu juga cukup baik untuk memeriksa kekuatan Wi-Fi. Program ini gratis, mudah digunakan, dan tidak memerlukan instalasi. Cukup unzip dan klik dua kali file EXE. Seperti Mac dan iOS, Anda akan menemukan pengukuran dBm terdaftar di bawah entri RSSI.

Di Mac, Anda tidak perlu mengunduh program atau aplikasi apa pun jika Anda ingin mengukur jaringan yang terhubung. Tahan tombol opsi dan klik pada simbol Wi-Fi. Anda akan melihat pengukuran dBm di entri RSSI.

Editor : Tommy Satria Ismaya Cahya