• News

  • Tekno

LG Siap Luncurkan TV OLED 8K Pertama di Dunia

LG siap luncurkan TV OLED 8K pertama di dunia.
Dok: LG Electronics Indonesia
LG siap luncurkan TV OLED 8K pertama di dunia.

SEOUL, NETRALNEWS.COM - LG Electronics (LG) memberi pernyataan terkait kesiapan perusahaan meluncurkan OLED dengan resolusi 8K pertama di dunia. Hadir dengan nama model LG 88Z9, bentang layarnya yang mencapai 88 inci sekaligus menjadikannya sebagai TV OLED terbesar milik LG hingga saat ini.

Berbarengan dengan peluncuran perdananya nanti, LG menyatakan akan memperkenalkan varian baru LG NanoCell TV yang merupakan TV LED kelas premium miliknya, juga dalam resolusi 8K dengan model LG 75SM99. Angka 75 pada namanya menunjuk pada bentang layarnya yang 75 inci.

“Kedua TV terbaru LG ini menunjukkan komitmen besar LG dalam menyediakan TV dengan resolusi 8K yang sebenarnya pada khalayak luas. Hal ini dengan mengacu standar mapan pada industri layar,” ujar Brian Kwon, Presiden LG pada Mobile Communications and Home Entertainment company.

Brian menambahkan Australia, Jerman, Perancis, Inggris dan Amerika Serikat dikatakan bakal menjadi kelompok negara pertama saat peluncurannya.  

Dikatakan menjadi dua TV dengan resolusi layar sebenarnya, pernyataannya ini mengacu pada keberhasilan kedua TV 8K LG ini dalam melampaui kriteria pengukuran resolusi layar dari Information Display Measurement Standard (IDMS). Ditetapkan International Committee for Display Metrology (ICDM), komite ahli yang mendapat pengakuan luas dalam industry ini menyatakan pengukuran resolusi layar tak hanya bergantung pada jumlah piksel. Lebih dari itu, juga harus mengikutkan kemampuan membedakan tiap piksel di dalamnya untuk menyediakan tampilan resolusi sebenarnya.

Untuk pengukuran ini, ICDM memberikan satuan pengukuran Contrast Modulation (CM) yang mampu secara akurat melakukan penghitungan dan perbedaan tiap piksel dalam layar. Bagi TV yang dikatakan memberikan resolusi seperti yang ditunjukkan jumlah pikselnya, ICDM menetapkan nilai minimum CM harus melampaui 25% bagi gambar dan 50% bagi tampilan teks. Sebagai konsekuensinya, sebuah TV dengan klaim pemilikan resolusi 8K namun memiliki nilai CM lebih renders dari batasan ini dianggap tak dapat menampilkan resolusi 8K sebenarnya meskipun TV tersebut memiliki jumlah piksel mencukupi untuk 8K (7,680 x 4,320).  

Pengujian yang dilakukan berbasis standar yang diterima secara universal dalam industri ini menunjukkan kedua TV LG ini, LG Signature OLED 8K dan LG 8K NanoCell TV, mencapai nilai CM dalam rentang 90%. Hal inilah yang memberikan jaminan bagi penggunanya untuk mendapatkan pengalaman sebenarnya dari konten yang tersaji dalam resolusi 8K.

“TV OLED dan NanoCell LG dengan resolusi 8K ini bukan sekedar TV dengan lebih banyak piksel. Namun juga membawa serta teknologi layar terkini kami,” ujar Brian Kwon.

Diantara teknologi ini yaitu kemampuan 8K upscaling yang membuatnya mampu meningkatkan tayangan dari sumber konten 4K maupun Full HD melalui empty hingga enam langkah untuk mendapatkan tayangan optimal. Kemampuan ini tak dapat dilepaskan dari penggunaan prosesor pintar Alpha 9 Gen 2 8K intelligent processor yang dirancang memiliki kemampuan deep learning dari banyak data terkait di dalamnya. Prosesor pintar ini pun memiliki rancangan khusus yang membuatnya mampu menganalisis kondisi pencahayaan sekitar untuk memberikan tingkat kecerahan layar optimal.

Kabar baiknya lagi, LG melengkapi kedua TV 8K ini dengan kemampuan HDMI 2.1. Kelengkapan ini membuat penggunanya dapat memainkan konten 8K dalam 60 frame per detik (frames per second). Menjaga kenyamanan menikmati konten, LG pun memberikan kompatibilitas pada Automatic Low Latency Mode (ALLM), Variable Refresh Rate (VRR) dan Enhanced Audio Return Channel (eARC).

Editor : Sulha Handayani