• News

  • Tekno

Pager Akhirnya Tutup Usia

Ilustrasi Pager
Spectrum
Ilustrasi Pager

TOKYO, NETRALNEWS.COM - Generasi milenial saat ini mungkin tidak kenal namanya peger. Ini adalah perangkat layanan komunikasi yang paling banyak digunakan orang sebelum munculnya smart phone seperti saat ini.

Sekitar 30 tahun lalu, pager  adalah perangkat wajib bagi para karyawan dan pebisnis, termasuk wartawan. Sayang, kemajuan teknologi yang sangat pesat menggilas dan penyedia layanan pager yakni Tokyo Telemessage, menutup usahanya pada pekan ini.

Layanan perusahaan itu digunakan oleh 1.500 pengguna, sebagian besar dari mereka adalah pekerja bidang kesehatan.  Dikembangkan pada tahun 1950-an dan 1960-an, pager meraih popularitas pada 1980-an.

Hingga 1996, Tokyo Telemessage memiliki pelanggan sebesar 1,2 juta pengguna. Jika ditotal di seluruh Jepang, penggunanya mencapai 10 juta, menurut Kantor Berita Jepang, Kyodo.

Selain kalangan profesional, pager digunakan para siswa SMA yang memakai kode nomor untuk bertukar pesan. Akan tetapi, begitu telepon seluler mulai banyak digunakan, era pager pun menurun, seperti yang dikutip dari BBC

Editor : Sesmawati