• News

  • Video

Mengunjungi Vihara Tertua di Kota Bogor

BOGOR, NETRALNEWS - Minggu (10/9/2017) pagi, suasana di Vihara Dhanagun, Bogor, masih terlihat sepi. Hanya segelintir umat yang datang silih berganti untuk bersembayang di vihara tertua di Kota Hujan tersebut.

Vihara Dhanagun terletak di Jalan Surya Keniaan Nomor 1, Kelurahan Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat. Tempat ibadah ini merupakan vihara tertua di Bogor yang telah berusia ratusan tahun. Itu sebabnya bangunan tersebut masuk dalam cagar budaya.

Banyak versi tentang usia dari vihara tersebut, yang pertama Vihara Dhanagun dipercaya dibangun pada 1672, saat etnis Tionghoa pertama kali mulai mendiami Kota Bogor. Versi lainnya, yakni dibangun pada awal abad ke-18, saat etnis Tionghoa  eksodus dari Batavia menuju Bogor, akibat tindakan represif penjajah Belanda.

Vihara yang letaknya berseberangan dengan Kebun Raya Bogor ini menjadi pusat kegiatan keagamaan 3 kepercayaan sekaligus, yaitu Taoisme, Konghucu (konfusianisme), dan Buddha. Selain itu vihara yang memiliki luas 635 meter persegi ini menjadi potret keragaman dan kerukunan umat beragama di Kota Bogor.

Reporter : Anhar Rizki Affandi
Editor : Bayu Sulaksono