• News

  • Video

Indahnya Taman Marhamas, Surga Kecil di Rusun Marunda

embed-youtube:https://www.youtube.com/embed/xYs03oQ3ci4:/embed-youtube

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Sebuah hamparan kebun bunga berwarna-warni menghiasi sebidang lahan yang berada tepat di lingkungan Rusunawa Marunda, Jakarta Utara. 

Sebuah taman yang diberi nama Marhamas atau Marunda Berhati Emas tersebut begitu tertata rapi dengan bunga-bunga beraneka warna ditambah dengan beberapa ornamen yang menghiasi taman tersebut. 

Kepala Unit Pengelola Rusunawa Marunda, Ageng, mengatakan bahwa taman bunga Marhamas menjadi salah satu market place yang difungsikan sebagai display untuk produk-produk hasil pembibitan yang dilakukan oleh petani yang ada di Rusunawa Marunda

"Taman Marhamas ini dari masyarakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat," ungkapnya. 

Menurutnya, apa yang ada di Taman Marhamas ini sudah cukup komplit. Selain ada pusat pembibitan bunga, ada pula rumah kreatif yang menghasilkan kerajinan-kerajinan berbahan baku kerang. Kemudian, tambahnya, ada juga kompos Marunda dan pengelolaan sampah. 

Ageng menjelaskan bahwa tujuan dari adanya Taman Marhamas tersebut adalah sebagai tempat ketiga." Ketika kita tinggal maka ada hunian Rusun, ketika bekerja maka ada kantor, dan terakhir sebagai tempat interaksi warga, karena banyak warga yang tidak mengenal satu sama lainya."

Ia menambahkan, keberadaan taman itu juga membuat masyarakat rusun menjadi lebih "happy". "Say Love with flower," tambahnya. "Bunga-bunga ini akan menjadi bunga-bunga kehidupan dan bunga kebahagiaan sehingga tercipta masyarakat yang lebih bahagia, dan mereka bisa juga bertani dan menanam di Taman Marhamas," katanya. 

Salam Taman Marhamas.

Editor : Y.C Kurniantoro