• News

  • Video

Suka Duka Nelayan Ujung Genteng

embed-youtube:https://www.youtube.com/embed/SQzechtNj5U:/embed-youtube

SUKABUMI, NETRALNEWS.COM – Perjuangan hidup warga nelayan di kawasan Ujung Genteng, Kabupaten Sukabumi tidaklah ringan. Demi menghidupi keluarganya, mereka bertarung di tengah laut dengan segala resikonya.

“Dukanya, kalau pas kosong bisa seminggu tak dapatkan apa-apa. Bahkan ada satu keluarga yang hilang tak kembali, tiga orang beserta perahunya. Raib begitu saja dan tak kembali hingga sekarang,” kata NN, Ketua RT di Ujung Genteng, Sukabumi, kepada Netralnews, Jumat (7/2/2020).

“Memang, saat mujur, satu malam penghasilan melaut bisa mencapai Rp10 juta dan bila dipotong biaya bahan bakar, sewa perahu, bisa terima bersih hingga sekitar Rp2 Juta,” imbuhnya.

Harapan mereka sebagai warga nelayan Ujung Genteng, pemerintah tidak menambah beban hidup terutama berkaitan dengan biaya asuransi kesehatan BPJS.

“Kepada Bapak Jokowi, mohon, warga nelayan tidak dikenakan iuran kesehatan. Bagi kami, iuran tersebut membuat hidup kami makin berat. Mohon disubsidi bagi kami yang di Ujung Genteng 75 persennya adalah nelayan,” kata NN.

Editor : Taat Ujianto