• News

  • Wisata

Desa Popeye, Wisata Alternatif Kala Berlibur ke Eropa

Desa Popeye, wisata alternatif kala berlibur ke Eropa.
Ganlob
Desa Popeye, wisata alternatif kala berlibur ke Eropa.

JAKARTA, NNC - Desa Popeye bisa menjadi destinasi wisata alternatif Anda ke Eropa. Tepatnya berada di Anchor Bay, sudut barat Kepulauan Mediterania, Malta.

Di sini Anda bisa bernostalgia dengan kenangan masa kecil Anda. Sebab, Desa Popeye atau Sweethaven Village benar-benar menyajikan bangunan Desa Popeye dalam dunia nyata.

Ya, Popeye sendiri adalah karakter kartun yang diciptakan pada 1929. Bisa dibilang tokoh kartun ini adalah tokoh kartun yang tak habis dimakan waktu.

Hingga sekarang film Popeye masih diputar di televisi-televisi. Bahkan, untuk tontonan orang dewasa, film Popeye pun ikut digarap dengan versi yang lebih anyar.

Kembali pada Desa Popeye atau Sweethaven Village ini. Pada tahun 1980 inilah Desa Popeye dibuat, hal tersebut untuk kebutuhan syuting film Popeye yang diproduksi oleh Paramount Picture dan Walt Disney Productions berdasarkan komik karangan E.C. Segar. Untuk karakter Popeye sendiri diperankan oleh aktor Hollywood, Robin Williams.

Pembuatan Desa Popeye sendiri memakan waktu tujuh bulan, dan syuting film dimulai pada 23 Januari 1980 dan berakhir tahun itu juga pada 19 Juni.

Sebanyak 165 pekerja konstruksi menyelesaikannya dalam tujuh bulan. Desa tersebut berisi sembilan belas bangunan kayu. Ratusan kayu dan beberapa ribu papan kayu diimpor dari Belanda. Sementara kayu untuk atapnya diimpor dari Kanada.

Bangunan dan desain desa dirancang oleh arsitek Denmark bernama Hans Munk Hansen. Setelah syuting selesai, Sweethaven Village mengalami beberapa perubahan signifikan hingga akhirnya, desa ini menjadi sebuah museum terbuka sekaligus tempat wisata bahkan menjadi sebuah resor pinggir laut. Bahkan, tempat ini menjadi tempat paling populer di negara tesebut.

Lalu apa lagi yang membuat tempat ini menarik? Sebagai tempat wisata untuk bernostalgia, ketika Anda menyambangi tempat ini Anda bisa berbagai karakter Popeye, seperti Popeye the Sailor, Olive Oyl, Bluto, Swee’Pea, dan Wimpy.

Selain itu, Anda juga bisa menikmati sesi bioskop yang mana tentu menampilkan film legendaris ini. Tak cukup sampai di sana, Anda bisa elukis wajah, barbeque terbuka, membuat kerajinan tangan, main golf di lapangan mini, mencicipi wine gratis, sampai naik perahu selama musim panas.

Jadi, ketika Anda berencana untuk berlibur ke Eropa, Anda juga bisa singgah untuk bernostalgia ke tempat penuh warna ini. Tentu bisa sambil mencicipi wine gratis di sisi laut.

Reporter : Christophorus Aji Saputro
Editor : Sulha Handayani