• News

  • Wisata

Ini Alasan Anda Wajib ke Taj Mahal pada Pagi dan Senja

Taj Mahal, simbol cinta Shah Jahan.
Netralnews/Sulha
Taj Mahal, simbol cinta Shah Jahan.

AGRA, NETRALNEWS.COM –  Berkunjung ke India, banyak tempat yang harus Anda kunjungi. Jaiphur dan Leh Lahdakk, Kashmeer, serta Srinagar merupakan tempa- tampat cantik yang wajib Anda lihat.

Sebab, jika Anda hanya datang ke Ibu kota News Delhi saja, maka yang terbersit di pasar-pasarnya adalah bau pesing dan tumpukan sampah. Karena itu, jika ingin melancong ke India, sebaiknya lupakan Delhi.

Namun semua tempat di Inda tersebut ada di luar kota New Delhi. Namun, yang tak kalah menarik adalah bangunan warisan budaya yang diakui UNESCO termasuk dalam Tujuh Keajaiban Dunia Taj Mahal di kawasan Agra, sekitar 3 jam berkendaraan dari Delhi.

Taj Mahal memang indah dan tiket masuknya lumayan mahal sekitar 1.300 Rupee atau Rp 273.000 tapi di sini menimpan banyak versi cerita tentang simbol dan cinta Shah Jahan pada Muntaz Mahal. Taj Mahal juga menyimpan kisah pembuatan bangunan indah yang hingga kini turunan ke-17 tetap bertahan di Agra.

Mereka tetap menekuni pembutan marble berhias batu alam seperti digunakan untuk bangunan di Taj Mahal. Dengan teknik dan resep rahasia perekatan batu alam ke pahatan marble yang sudah dimiliki turun temurun.

Dinamai Mumtaz Mahal, istri kesayangan dari Kaisar Shah Jahan. Artinya paling indah dari Makam yang ada. Dimulai setelah kematiannya pada tahun 1631 dan mengambil 20.000 pekerja selama 22 tahun untuk menyelesaikan.

Menggabungkan banyak elemen desain Islam termasuk lengkungan, menara, kubah berbentuk bawang merah dan hitam kaligrafi hias di sekitar pintu masuk. Taj Mahal dibangun dari marmer putih yang didekorasi dengan halus bertatahkan pola bunga dan batu-batu semi mulia seperti batu giok, lapis lazuli, berlian dan mutiara. 

Waktu terbaik untuk mengunjungi adalah fajar atau senja ketika atmosfer cemerlang dapat mengubah tiap kubah yang ada di sana.Warnanya indah dan memukau.

Anda harus menggunakan guide jika sudah datang ke sini karena tempat tersebut memiliki banyak cerita dan pintu-pintu yang harus dilewati jika tidak ingin tersesat.

Editor : Sulha Handayani

Apa Reaksi Anda?