• News

  • Wisata

Ini Destinasi Wisata Murah di Solo dan Salatiga

Bukit Cinta
Hipwee
Bukit Cinta

SURAKARTA, NETRALNEWS.COM - Jika Anda berencana berlibur ke Jawa Tengah dengan budget rendah, berkunjung ke Salatiga atau Solo dapat menjadi solusi. Pasalnya, Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi kuliner dengan harga yang ramah di kantong dan berbagai objek wisata murah di kedua kota itu.

Untuk Anda yang ingin memaksimalkan budget ketika berkunjung ke dua kota tersebut, berikut lokasi wisata murah yang bisa Anda masukkan ke dalam rencana perjalanan Anda.

1. Pemandian Alam Muncul, Salatiga
Terletak di Desa Muncul, pemandian alam yang satu ini wajib untuk Anda kunjungi bersama keluarga ketika berlibur ke Salatiga. Anda dapat merasakan sensasi kesegaran air alami, langsung dari mata airnya, serta berenang bersama ikan-ikan kecil yang hidup di dalamnya.

Untuk masuk dan menikmati fasilitas di pemandian alam ini, Anda hanya dikenakan biaya Rp5.000 per orang. Berkunjung ke tempat ini bersama keluarga bisa menjadi salah satu alternatif melepas penat dengan menikmati kesejukan lingkungan Desa Muncul yang asri.

2. Bukit Cinta, Salatiga
Bukit Cinta adalah salah satu lokasi wisata di Salatiga yang berbatasan dengan Kota Semarang. Berkunjung ke lokasi wisata ini bisa menjadi solusi untuk Anda yang berlibur dengan budget rendah, karena selain harga tiketnya yang hanya berkisar Rp7.500, melalui lokasi wisata ini Anda juga dapat sekaligus menikmati keindahan Rawa Pening.

Dengan biaya yang murah, Anda dan keluarga dapat menikmati keindahan panorama alam dan sejuknya udara di sekitar Bukit Cinta.

3. Keraton Surakarta Hadiningrat, Solo
Bagi Anda yang berkunjung ke Solo, kurang lengkap rasanya jika tidak berkunjung ke Keraton Surakarta Hardiningrat. Di sini, Anda dapat menikmati wisata sejarah bersama anak-anak sembari mengagumi keindahan arsitektur keraton yang masih terjaga.

Hal yang harus Anda perhatikan adalah tidak semua wilayah keraton boleh dikunjungi. Wilayah keraton yang dibuka untuk umum, salah satunya pendopo besar yang tedapat di Sasana Sewaka.

Di sini biasanya pengunjung akan disuguhi pertunjukan tari dan gamelan. Anda juga bisa mengunjungi Museum Keraton Surakarta. Untuk berkunjung ke museum tersebut, Anda akan dikenai biaya sekitar Rp10.000.

4. Benteng Vastenburg Fort, Solo
Wisata sejarah lain yang dapat Anda lakukan di Solo adalah berkunjung ke Benteng Vastenburg Fort. Anda dapat melihat jejak-jejak peninggalan kolonial. Bangunan ini juga merupakan saksi bisu perjuangan masyarakat Indonesia melawan pemerintah kolonial, yang saat itu diceritakan berlaku semena-mena terhadap masyarakat Solo.

Destinasi wisata yang satu ini cocok untuk Anda yang ingin menikmati wisata sejarah dengan harga murah. Anda cukup membayar tiket masuk seharga Rp10.000.

Itulah lokasi wisata murah di Solo dan Salatiga yang perlu Anda masukkan ke dalam rencana perjalanan. Dalam menyusun lokasi wisata yang akan Anda kunjungi, hendaknya pertimbangkan pula jauh-dekatnya jarak antarlokasi wisata. Hal ini penting, karena jika Anda dapat menemukan lokasi wisata yang berdekatan dan dapat ditempuh dengan berjalan kaki, Anda bisa menghemat biaya transportasi.

Anda juga disarankan untuk membandingkan harga sebelum memesan penginapan. Jika Anda berencana banyak berkegiatan di luar, sebaiknya cukup pilih penginapan sederhana yang murah, nyaman, dan aman di sekitar lokasi wisata yang hendak Anda tuju.

Bagi Anda yang tertarik untuk mencoba berwisata ke Solo atau Salatiga, jangan lupa untuk memesan akomodasi sebelum berangkat ke dua kota tersebut. Informasi terkait hotel di Salatiga atau penginapan murah di Solo dapat dengan mudah Anda dapatkan melalui aplikasi atau laman Airy. Selain itu, bagi pengguna aplikasi Airy tersedia pula berbagai promo Airy yang dapat Anda nikmati ketika melakukan pemesanan hotel atau tiket pesawat.  

Editor : Y.C Kurniantoro