• News

  • Wisata

Mau Berlibur bersama Anak? Jangan Lupa Bawa Perlengkapan Ini

Pakaian anak menjadi perlengkapan wajib yang harus dibawa ketika berlibur bersama anak.
Bukalapak
Pakaian anak menjadi perlengkapan wajib yang harus dibawa ketika berlibur bersama anak.

JAKARTA, NETRALNEWS.COM - Mengajak anak berlibur untuk menghabiskan quality time ke tempat wisata tentu menjadi keinginan banyak orang tua. Namun, perlu diingat, membawa anak kecil berwisata tentunya membutuhkan persiapan matang. Kebutuhan anak lebih banyak dan berbeda dibandingkan orang dewasa. Jadi, pastikan semua perlengkapan yang dibutuhkan sudah dibawa, sehingga rekreasi keluarga jadi lancar.

Kira-kira, apa saja perlengkapan yang wajib dibawa saat wisata bersama anak? Berikut ulasannya.

1. Pakaian
Membawa pakaian ganti anak adalah hal yang wajib dilakukan. Jumlah dan jenisnya bisa disesuaikan dengan tujuan dan lamanya pergi. Anda tentu tidak tahu apa yang akan terjadi selama liburan. Bisa saja baju anak basah, kotor, atau terkena tumpahan sesuatu. Belum lagi jika anak tersebut masih bayi atau balita, ada kemungkinan mereka mengompol.

Selain baju ganti, siapkan juga perlengkapan lain, seperti jaket dan topi. Kedua benda ini dapat berguna di cuaca panas maupun dingin. Jangan lupa membawa handuk atau tisu basah untuk membersihkan kotoran atau keringat anak.

2. Makanan kecil dan minuman
Anak biasanya cenderung rewel saat merasa lapar atau haus. Berikan kudapan dan minuman kesukaannya untuk membuat mereka lebih tenang. Jika ingin lebih sehat dan aman, buatkan sendiri bekal favoritnya.

Bekal buatan sendiri tentu akan menghemat pengeluaran, karena makanan yang dijual di tempat wisata biasanya jauh lebih mahal. Selain itu, Anda pun tidak tahu apakah makanan tersebut cukup bersih dan sehat bagi si Kecil.

3. Mainan
Mainan dapat membantu mengatasi kejenuhan anak. Anak biasanya mudah merasa lelah dan bosan akibat perjalanan jauh dan memakan waktu. Bawa mainan kesukaannya sebagai solusi. Cukup pilih satu atau dua jenis mainan yang bisa dimasukkan dalam tas, seperti mobil-mobilan, boneka, atau buku gambar dan pewarna. Dengan begitu, Anda tidak akan kerepotan membawanya.

4. P3K sederhana
Selama berwisata, hal tak terduga bisa terjadi kapan saja. Anak bisa saja jatuh atau terluka saat bermain. Mereka mungkin mengalami bentol dan gatal karena digigit nyamuk atau serangga lain. Kotak P3K pun akan sangat berguna di saat seperti ini. Isi kotak P3K dengan plester luka, kapas, obat luka, minyak angin, dan lotion antinyamuk atau serangga.

Bawa juga obat-obatan seperti obat penurun panas dan antimabuk. Obat penyakit khusus yang membutuhkan resep dokter pun wajib dibawa.

5. Perlengkapan bayi

Perlengkapan bayi (Bukalapak)
Dibutuhkan persiapan lebih banyak jika Anda membawa bayi saat liburan. Anda harus membawa popok, perlengkapan menyusui (termos air panas, botol susu, susu formula), perlengkapan makan bayi, selimut, dan perlak. Bawa juga perlengkapan kebersihan khusus bayi seperti kapas, bedak bayi, tisu antiseptik, minyak telon, dan lotion khusus.

Selanjutnya, untuk memudahkan membawa si Kecil, siapkan kereta bayi atau stroller. Jika dianggap tidak praktis atau sesuai dengan medan wisata, dapat diganti dengan baby carrier atau gendongan.

Perlengkapan di atas merupakan sebagian barang yang harus Anda bawa saat berwisata dengan anak. Jadi, siapkan baik-baik perlengkapan mereka sehingga acara rekreasi dengan keluarga terkasih menjadi lancar dan menyenangkan.

Mau liburan ke ibu kota dengan si Kecil? Gunakan pesawat agar perjalanan lebih cepat dan nyaman. Perjalanan bisnis pun akan lebih lancar dengan pesawat terbang. Dapatkan tiket pesawat ke Jakarta dengan mudah dan harga terjangkau lewat Airy. Sebelum pesan, cek harga tiket pesawat lewat aplikasi atau situs Airy terlebih dahulu.

Selain pemesanan dan pembayaran mudah, Anda dijamin tidak akan kecewa. Jadi, jangan takut tertipu atau merugi memesan tiket di Airy. Jika Anda mengalami masalah sehingga terpaksa tidak dapat berangkat sesuai jadwal, segera hubungi Airy untuk mengatur refund atau reschedule.

Editor : Y.C Kurniantoro

Apa Reaksi Anda?